• Dalam Rangka Menyemarakkan Hari Batik Nasional

MAGELANG-Mekar Moncer Batik Kota Magelang memungkasi rangkaian kegiatan menyemarakkan Hari Batik Nasional. Kegiatan ini digelar Paguyuban Batik Kota Magelang berkerjasama dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Magelang, dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Pemkot Magelang.

Kegiatan sebelumnya diawali dengan  pagelaran busana bertajuk Artos Fashion Showcase yang digelar Artos Mal Magelang selama empat  hari,  mulai Kamis (18/10) lalu.  “Peragaan busana ini diikuti para perajin dan perancang dari Kota Magelang. Sedangkan modelnya dari duta wisata Kota Magelang,” kata Kabid Perdagangan Disperindag Pemkot Magelang Sri Rejeki Tentamiarsih.

Ketua Dekranasda Kota Magelang, Yetty Biakti Sigit Widyonindito mengapresiasi pelaksanaan kegiatan tersebut. Dia pun berharap, batik Kota Magelang bisa terus dikembangkan dan dilestarikan “Semoga melalui kegiatan ini akan semakin memacu para perajin batik di Kota Magelang untuk meningkatkan kreativitas mereka,” pesannya.

Sedangkan Artos Fashion Showcase mengusung tema Niwasana Krya. Menurut Public Relation Artos Mall Amalia Mahdhiani Fashion Showcase kali ini digelar lebih maeriah dari tahun sebelumnya. Di tahun ketiga ini acara berlangsung lebih lama. Mereka melibatkan lebih banyak pihak. Tidak hanya desainer dari Purnama saja, kami juga menggandeng desainer dari Jogja dan Jawa Tengah serta siswa dan mahasiswa dari tata busana. “Total 384 rancangan busana ditampilkan setiap malam,’’ jelasnya.

Adapun rangkaian acara Fashion Showcase dibuka dengan lomba desain busana batik dari Dekranasda yang diikuti 40 peserta dengan totel 44 rancangan busana pada Kamis (18/10). Kemudian dilanjutkan dengan parade desainer siswa/i dan mahasiswa/i tata busana. Perancang busana yang terlibat di antaranya Kartini Skada dari SMKN 2 Temanggung, SANDIS dari SMK Syubbanul Wathon Magelang, Citra Fesyen dari SMKN 3 Magelang.

Memasuki hari kedua, menampilkan 14 perancang busana, diantaranya Anggry Argani, Lies Griya batik, Batik Rajah, Jims Bridal, Asterani Couture, Lida Misella, Zamwarir, Ayu Purhadi, Dewi Dejee, Lisa Supriyadi, Rani Prasojo, Tari Made, Lusi Ekawati, Vitalia Pamungkas, dan Sugeng Waskito. Sedangkan hari ketiga menampilkan rancangan busana dari Purnama. Terdiri dari 12 orang desainer Angelina Wijaya, Ririe Onde, Farida Nugroho, Caca Gown, Astuti Arindra, Tatok Prihasmanto,  Yayan Arsa, Dhonie Qiong, dan Tedjo Laksono. “Semoga dengan adanya anggota baru, Purnama dapat semakin menambah ragam desain yang disuguhkan,” tandas ketua pelaksana acara Tatok Prihasmanto. (dem/din/by/mo2)

Magelang