MAGELANG – Penghargaan atas prestasi yang diraihnya diterima oleh Pemkot Magelang dan Kabupaten Purworejo. Pemkot Magelang mendapatkan penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) atas keberhasilan Dinas Perhubungan melalui inovasi layanan Siap Uji Kir Online, sementara Pemkab Purworejo memperoleh opini laporan keuangan (LK) Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Penghargaan untuk Pemkot Magelang diterima Wawali Windarti Agustina dari Menpan RB Syafruddin di Surabaya, Rabu (19/9) malam. Dia mengaku bangga karena inovasi yang baru beberaa bulan dijalankan telah mendapatkan penghargaan. Apalagi dalam pelaksanaannya selain dapat mempercepat layanan, juga bersifat transparan, dan mencegah praktik pungli.

“Semoga OPD yang lain bisa mengikuti jejak positif dengan membuat terobosan dan inovasi terbaik demi peningkatan layanan publik. Tidak hanya yang layanan publik saja, tapi semua saya harapkan jangan malu-malu membuat hal yang baru. Seperti inovasi ini, ternyata OPD kita banyak yang mampu. Ayo, OPD jangan takut buat perubahan,” kata Windarti.

Setelah penghargaan ini, Windarti mengaku akan langsung menebar inspirasi ke semua OPD di Pemkot Magelang. Dia menargetkan inovasi akan muncul di semua sektor layanan meliputi kesehatan, umum, pendidikan, dan lainnya.

“Karena dengan inovasi berarti kita sudah berupaya untuk mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat Kota Magelang,” tuturnya.

Sementara itu, dengan diperolehnya opini laporan keuangan WTP maka Kabupaten Purworejo tercatat selama lima tahun berturut-turut, opini tersebut diperoleh. Purworejo sendiri menjadi salah satu dari 93 entitas kementerian/lembaga dan pemerintah daerah yang mendapatkan penghargaan itu.

Kabag Humas dan Protokol Setda Purworejo Agus Ari Setyadi mengungkapkan, penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani kepada Bupati Purworejo Agus Bastian dalam Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah 2018 di Gedung Dhanapala, Jakarta, Kamis (20/9).

Bupati Purworejo hadir di Jakarta, didampingi Sekda Said Romadhon, Inspektur Achmad Kurniawan Kadir dan Kepala BPPKAD Woro Widyawati

Dijelaskan Agus, Menkeu Sri Mulyani mewakili pemerintah memberikan apresiasi bagi kementerian atau lembaga dan pemda yang telah meningkatkan kualitas pelaporan keuangannya. Pada 2017 banyak K/L (kementerian/lembaga) yang makin meningkatkan kualitas laporan keuangannya, demikian juga pemda. Ini menunjukkan bahwa semua memiliki komitmen untuk memperbaiki kualitas pengelolaan keuangan negara yang menjadi tanggung jawab

“Dengan laporan keuangan makin baik, daerah cenderung memiliki indikator pembangunan lebih baik. Pertumbuhan eknonomi, kemiskinan, pengangguran dan IPM lebih baik serta kesenjangan lebih rendah,” ujar Agus mengutip pernyataan Sri Mulyani. (dem/udi/laz)

Magelang