MUNGKID – Warga perbatasan, tepatnya di Desa Margoyoso, Kecamatan Salaman, menjadi sasaran program penerima bantuan PT Pertamina Persero. Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) CSR Pertamina ini ditujukan untuk 41 warga. Mereka dibantu untuk mengembangkan usahanya masing-masing dengan dana segar.
Kepala Desa Margoyoso M. Rofiq Santoso mengatakan, mereka yang menerima bantuan merupakan orang-orang terpilih. Sebelum dinyatakan layak menerima bantuan, warga diseleksi terlebih dahulu oleh tim survei dari Pertamina.
“Mereka yang mendapatkan bantuan terdiri atas pelaku usaha di berbagai bidang. Mulai dari toko kelontong, foto kopi, bengkel dan lainnya,” kata Rofiq kemarin (21/2).
Bantuan yang diberikan nilainya bervariasi, antara Rp 10 juta-Rp 40 juta. Jika ditotal bantuan dana bergulir yang dikucurkan Pertamina mencapai Rp 1 miliar.
Perwakilan CSR Pertamina Jawa Bagian Tengah Ana Widyastuti mengajak penerima bantuan untuk memegang kepercayaan yang diberikan. Ini merupakan program bergulir yang pengembalian dana dari warga Desa Margoyoso ditunggu calon penerima bantuan lainnya.
Program kemitraan ditujukan untuk meningkatkan kemampuan usaha kecil mitra binaan Pertamina agar menjadi tangguh dan mandiri. Sekaligus memberikan multiplier effect bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar wilayah operasi Pertamina. (ady/laz/mg1)

Magelang