MUNGKID – Telah diadakan sosialisasi empat pilar MPR RI,yang diadakan di Aula Fikes Kampus 2 UM Magelang pada hari Minggu (19/2).Acara tersebut merupakan kerjasama antara MPR RI dengan Universitas Muhammadiyah Magelang.
Dengan dihadiri oleh kurang lebih 400 peserta ,antara lain terdiri dari Mahasiswa UMM,Dosen,Rektor,turut menghadiri pula beberapa anggota DPR RI,DPRD Provinsi,DPRD Kabupaten Magelang,serta Ketua MPR RI sebagai narasumber dalam acara tersebut.
Dalam acara tersebut ,Ketua MPR RI,Zulkifli Hasan yang didaulat sebagai narasumber menyampaikan beberapa hal mengenai empat pilar MPR RI.Dalam sosialisai yang diberikannya terkandung empat poin penting yang harus dipahami dalam empat pilar itu sendiri
Zulkifli mengatakan bahwa mempelajari empat pilar MPR RI tidaklah sulit,karena di dalamnya hanya ada empat point penting yang harus dipahami
” nggak susah kok untuk memahami empat pilar tersebut,bahkan mungkin dari 3 jam penyampaian,saya bisa sampaikan dalam setengah jam saja,karena yang penting kita harus paham dan yang paling penting kita harus bisa mengamalkannya sebagai warga Negara Indonesia ini”katanya
Adapun empat poin yang disampaikan diantaranya mengenai, Pancasila dimana seluruh masyarakat harus menjujung nilai musyawarah dan mufakat,NKRI bahwa seluruh masyarakat yang berberda tempat berbeda suku berbeda golongan dan agama,tetap satu sebagai bangsa Indonesia.
Untuk poin yang ketiga dan keempat adalah mengenai Bhineka Tunggal Ika,dimana kita harus menyadari bahwa bangsa Indonesia ini terdiri dari berbagai macam suku,adat,dan budaya yang tidak boleh merasa lebih unggul satu dengan lainnya.Dan yang terakhir adalah UUD 1945 dimana menjelaskan bahwa Indonesia ini adalah sebuah Negara dengan sistem pemerintahan Birokrasi Demokrasi ,yang di tata dalam UUD 1945.
Zulkifli dalam sosialisasinya juga berpesan bahwa kita sebagai warga Negara Indonesia harus berpegang kepada empat pilar tersebut.
” jadi saya berharap kepada seluruh peserta yang hadir diruangan ini,terutama kepada Mahasiswa yang hadir,bahwa empat pilar tersebut harus kita pahami dan kita laksanakan,karena empat pilar inilah adalah sebagai tonggak Negara kita” ujarnya. (Cr2/mg1)

Magelang