MAGELANG – Anggota TNI ditekankan agar melengkapi surat kendaraan bermotor. Seperti bagi personel yang menggunakan kendaraan dinas, maupun kendaraan pribadi.

“Hal ini dimaksudkan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan dalam berkendara,” kata Pasi Intel Kodim 0705/Magelang Kapten Inf I Ketut Kukuh kemarin.

Pernyataan Ketut berkaitan dengan penegakan (Gaktib) ketertiban bagi internal anggota TNI. Ratusan personel militer dan PNS Kodim 0705/Magelang diperiksa dalam rangka Gaktib satuan di Makodim 0705/Magelang.

Gaktib satuan oleh Sub Denpom IV/2-1 ini merupakan kegiatan pada tahap pencegahan. Pada kegiatan ini dilakukan pemeriksaan terhadap surat kelengkapan diri bagi personel, kelengkapan surat kendaraan, dan kelengkapan kendaraan.

Komandan Sub Denpom IV/2-1 Kapten Cpm Anastasius Adi Supamo menjelaskan, Gaktib dalam satuan untuk Kodim 0705/Magelang ini merupakan rangkaian Gaktib yang sedang dilaksanakan POM TNI AD.

Sebelumnya, terlebih dulu dilaksanakan sosialisasi tentang kegiatan Gaktib. “Berharap agar seluruh prajurit dan PNS TNI AD taat dan patuh pada setiap aturan, sehingga berdampak positif pada citra TNI di mata masyarakat,” katanya.

Tidak hanya di Magelang, Gaktib dalam satuan juga akan dilaksanakan di seluruh satuan TNI AD di Kabupaten Temanggung dan Wonosobo. Ada sekitar 23 satuan yang ada jadi tanggung jawab Sub Denpom IV/2-1

Tahapan penegakan ketertiban ini meliputi tahap sosialisasi, pencegahan dan tahap penindakan.”Sosialisasi sudah dilaksanakan Januari lalu. Saat ini masuk tahap pencegahan dan Maret akan dilaksanakan Gaktip tahap penindakan,” jelasnya. (ady/laz/mg2)

Magelang