MAGELANG – Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) harus tetap dipertahankan. Ini untuk mencegah terjadinya disintegrasi, separatisme dan hadirnya kekuatan asing. Demi terciptanya rasa cinta bangsa dan negara, maka harus memiliki wawasan dan pijakan yang benar.

“Itu sesuai undang-undang yang telah diatur negara kita agar bisa membela negara dengan benar,” kata Komandan Koramil 01/Magelang Tengah Mayor Inf Joko Nugroho saat memberikan ceramah wawasan kebangsaan serta bela negara.

Acara digelar oleh pengurus Pondok Pesantren Tidar di Tidar Selatan, Kota Magelang. Kegiatan ini dikemas dalam agenda kemah bersama. Menurut Danramil, kegiatan ini penting untuk dilakukan.

Hadir juga dalam kegiatan pemantapan ini, pengurus Ponpes Tidar dan pejabat terkait seperti Camat Magelang Tengah, babinsa, babinkamtibmas, lurah Tidar Selatan serta para tamu undangan. Diharapkan dari 200 peserta yang hadir, bisa mengambil manfaat dari kegiatan ini.

Ia meminta untuk memahami dan menanamkan hakikat wawasan nusantara yang mencakup rasa cinta tanah air. Meliputi rasa kebangsaan, paham akan arti kebangsaan dan semangat kebangsaan. “Serta cinta produk negeri sendiri,” tambahnya. (ady/laz/mg2)

Magelang