Tiga pelaku yang ditangkap dalam penggerebakan ini adalah Raden Wijaya alias Den, 31, warga Kelurahan Paku dan Harnani Oki Jaya alias Nani, 21, warga Kecamatan Kayuagung, Ogan Komering Ilir (OKI), Sumsel. Seorang lagi, HR, kini masih diperiksa di Polres Brebes karena melakukan aksi serupa di sana.

“Seorang lagi berinisial HS melarikan diri saat dilakukan penangkapkan,” kata kapolres. Adapun barang bukti yang disita dari tangan pelaku Raden Wijaya uang tunai Rp 6,2 juta. Sedangkan dari tersangka Harnani disita uang tunai Rp 2,5 juta.

Uang hasil kejahatan lainnya, berdasarkan pengakuan pelaku, dibawa kabur tersangka HS. “Pelaku dijerat Pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara,” jelasnya.

Salah seorang pelaku Raden Wijaya mengaku bisa mengetahui korban membawa uang dari temannya yang sudah mengawasi korban. Salah satu teman pelaku mengawasi dan menyampaikan informasi ke komplotannya.”Teman saya yang ngasih tahu, setelah ambil uang lalu diikuti dari bank,” katanya.

Ia mengatakan, dari Palembang baru tiba di Magelang satu hari sebelum beraksi. Ia lalu menginap di suatu hotel. Setelah menggasak uang, hasilnya lalu dibagi-bagi. Rencananya, uang jatahnya akan digunakan untuk menikah.”Saya mendapat bagian uang Rp 7 juta,” ujarnya. (ady/laz/mg2)

Magelang