MUNGKID – Warga dan para pedagang Pasar Muntilan berharap pasar segera dibangun agar bisa digunakan untuk aktivitas seperti dulu. Menurut pembahasan pada panitia khusus dan badan anggaran (banggar) DPRD Kabupaten Magelang, pembangunan pasar bisa dimulai Maret mendatang.

Kepala Bagian Pembangunan Haryako mengatakan, proses pembangunan segera dimulai pada Maret minggu pertama, apabila proses lelang lancar. “Selambat-lambatnya April minggu pertamalah,” katanya dalam rapat badan anggaran.

Dipekirakan proses pembangunan pasar memakan waktu sekitar 20 bulan dengan memakan biaya biaya Rp 95 miliar. Ketua DPRD Kabupaten Magelang Sariyan Adi Yanto mengutarakan, proses pembangunan Pasar Muntilan terkesan tidak direncanakan dengan baik.

“Saya tidak mau pembangunan nantinya molor lagi. Harus dipastikan dan segera dilaksanakan secepatnya,” kata Sariyan. Sesuai Perda No 14 Tahun 2012 tentang Pembentukan dan Cadangan Pasar Muntilan, seharusnya pembangunan Pasar Muntilan sendiri dilakukan pada 2016.

Sariyan sendiri mengaku sudah mendorong agar pembangunan diselesaikan dalam waktu satu tahun. “Saya berharap eksekutif menepati janjinya untuk segera membangun Pasar Muntilan. Kasihan para pedagang yang menunggu lama,” katanya. (cr2/laz/mg2)

Magelang