RADARJOGJA.CO.ID – Ada yang berbeda dalam perayaan Cap Go Meh di Kelenteng Hok An Kiong Muntilan, Kabupaten Magelang. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, perayaan tanpa adanya kirab kesenian dan pesta kembang api. Tahun ini kelenteng itu hanya melakukan sembahyang bersama dan menggelar pentas seni budaya yang relatif sederhana.

Seksi Upacara Sembahyang Cap Go Meh Kelenteng Hok An Kiong Budiyono mengakui, sengaja tahun ini perayaan Cap Go Meh dilakukan dengan kumpul dan sembahyang bersama kepada dewa langit.

“Kami minta diampuni segala kesalahan di tahun 2016 dan supaya tahun 2017 semakin lebih baik dalam segala hal, dari soal kesehatan, keamanan, hingga banyak rezeki,” katanya.

Saat acara sembahyang, ratusan umat tampak berdatangan memenuhi kelenteng. Tak hanya masyarakat sekitar daerah Muntilan saja, melainkan banyak yang datang dari luar kota untuk mengikuti sembahyang bersama.

Ketua Harian Kelenteng Hok An Kiong Budiraharjo menambahkan, acara seperti kirab Liong Samsi dan lain-lain memang ditiadakan. Penyebabnya situasi yang belum kondusif untuk sementara waktu. (cr2/dem)

Magelang