MUNGKID – Korban angin kencang di Salaman, Kabupaten Magelang, kini lega setelah rumah mereka yang sebelumnya rusak telah diperbaiki. Perbaikan dilakukan oleh warga setempat dibantu relawan dan anggota TNI.

Angin kencang itu sendiri telah merusak sedikitnya 23 rumah warga di Desa Kalisalak, kemudian enam rumah di Desa Kebonrejo. Rumah rusak ada yang karena gentingnya tersapu angin, ada pula yang tertimpa pohon besar.
Dalam peristiwa ini tidak ada korban jiwa, namun kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah. Usai peristiwa itu, Muspika Salaman segera turun tangan dan membantu proses evakuasi (5/2).
Danramil 20/Salaman Kapten Inf Adi Sanyoto memimpin kegiatan karya bakti bersama perangkat desa dan BPBD. Kegiatan difokuskan pada pembenahan atap rumah dan pembersihan pohon yang roboh ke jalan atau menimpa rumah.
Rohman, 55, warga Dusun Ngandongan, Kalisalak, Salaman, mengatakan bahwa hampir 60 persen genting rumahnya berhamburan tersapu angin. “Saat itu hujan disertai angin kencang. Padahal kamar saya ada di rumah bagian depan, jadi ya kasurnya basah semua,” ujarnya. (cr2/laz/mg1)

Magelang