Harnum Kurniawati/Radar Jogja
MAGELANG – Berbagai cara dilakukan untuk menyambut Hari Kartini di Kota Magelang, kemarin (21/4). Jika di SD Muhammadiyah Alternatif (Mutual) para siswa melakukan art performance, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah (UM) Magelang mengadakan aksi damai.

Yang menarik, aksi damai oleh BEM FKIP UM Magelang ini juga dilakukan oleh para perempuan dengan mengenakan pakaian kebaya. Acara ini digelar di Alun-Alun Kota Magelang. Ada orasi, pembacaan puisi, dan aksi teatrikal dalam aksi damai ini.

“Aksi ini dalam rangka menghargai dan menjunjung tinggi harkat dan derajat perempuan. Ini bentuk apresiasi kami, karena zaman sekarang juga banyak mahasiswa yang sudah tergerus nasionalismenya,”kata Gubernur BEM FKIP Khoirunnisa Dyah.

Tema yang diangkat dalam aksi ini adalah Sejuta Harapan Kartini Masa Depan. Ini bermaksud untuk menyadarkan wanita betapa beruntungnya wanita, betapa indahnya wanita, dan hal-hal itu harus selalu dijaga.

Ketua Panitia Resnandini mengatakan, kegiatan ini diteruskan dengan penerbangan 1.000 balon, pembagian kerudung dan bunga mawar untuk wanita pengguna jalan sekitar Alun-Alun.

Ia menjelaskan, berbagi kerudung dan bunga mawar melambangkan bahwa kita harus saling menghormati dan menghargai sesama wanita. Tidak hanya sesama wanita saja, namun juga laki-laki yang harus bisa melindungi wanita. (cr1/laz)

Magelang