Adi Daya Perdana/Radar Jogja
WAWASAN KEBANGSAAN: Anggota Koramil 07/Ngablak Kopda Dwi Ciptoro saat memberikan materi wawasan kebangsaan dengan tema Cinta Tanah Air kepada siswa-siswi SDN Girirejo, Kecamatan Ngablak, kemarin.

MUNGKID – Saat ini segala bentuk informasi dapat diperoleh dengan sangat mudah. Tentunya hal itu membawa dampak yang sangat kompleks. Baik informasi yang bersifat positif ataupun negatif.

Hal ini menjadi salah satu pertimbangan Komandan Koramil 07/Ngablak untuk bergerak. TNI memerintahkan anggotanya untuk memberikan materi wawasan kebangsaan di kalangan pelajar dari tingkat SD sampai SMA di wilayah Kecamatan Ngablak. Tujuanya agar para pelajar tidak melupakan sejarah, budaya dan ideologi pancasila. Serta lebih mencintai tanah air.

Anggota Koramil 07/Ngablak Kodim 0705/Magelang Kopda Dwi Ciptoro memberikan materi wawasan kebangsaan dengan tema Cinta Tanah Air kepada siswa-siswi SDN Girirejo, Kecamatan Ngablak. Sekitar 150 pelajar mengikuti pemaparan di aula sekolah.

“Penerapan cinta tanah air bagi para pelajar tentunya tidak sama dengan apa yang dilakukan oleh para pejuang dulu. Para siswa bisa mengikuti upacara bendera di hari Senin, belajar dengan rajin, bersosialisasi dengan baik, taat pada guru. Hal itu sudah merupakan nilai kecintaan siswa pada tanah air,” katanya.

Dia menyampaikan sebagai warga negara harus tahu sejarah yang benar tentang perjuangan bangsa Indonesia. Siswa harus punya rasa cinta tanah air, jiwa patriotisme, menghargai perbedaan budaya, adat istiadat, termasuk menghargai perbedaan agama di Indonesia. Sebagai insan yang berpendidikan, diharapkan para siswa bisa menjadi contoh bagi masyarakat sekitar.

“Berbuatlah yang terbaik karena adik-adik adalah generasi penerus Bangsa. Hal ini agar dapat menggapai cita-cita yang diinginkan. Sehingga dapat menjadi kebanggaan orang tua dan lebih besar dapat mengharumkan nama bangsa dan Negara,” ujar Kopda Dwi.

Dia menjelaskan, pemuda adalah tulang punggung dan generasi penerus bangsa. Untuk itu belajarlah lebih giat untuk mencapai prestasi yang setinggi-tingginya. Jauhi segala bentuk-bentuk tindakan anarkistis seperti tawuran, miras dan narkoba.

“Selamat belajar dan raihlah cita-cita kalian. Semoga nanti adik-adik bisa menjadi pemimpin yang adil dan amanah. Menjadi pengusaha yang sukses dan apa pun cita-cita kalian, jangan sampai luntur mencintai negeri ini,” jelasnya. (ady/laz/ong)

Magelang