Adi Daya Perdana/Radar Jogja
LUMAYAN: Pengendara sepeda motor mendapatkan cokelat dari anggota Satlantas Polres Magelang dalam Operasi Simpatik Candi 2016 kemarin (1/3)

MUNGKID – Kepolisian Resort Magelang membagikan cokelat kepada pengguna jalan kemarin. Pemberian ini dilakukan Petugas Satuan Lalu Lintas Polres Magelang dalam Operasi Simpatik Candi 2016. Cokelat diberikan kepada pengguna jalan untuk menarik simpati masyarakat.

Cokelat dibagi-bagikan pengguna jalan di depan Kantor Setda Pemkab Magelang. Tepatnya di depan Masjid An Nur, Jalan Soekarno-Hatta, Mungkid. Kasat Lantas Polres Magelang AKP Choirul Anwar mengatakan, polisi sengaja memberikan hadiah khusus berupa cokelat kepada pengguna jalan.

Hal ini untuk menyadarkan pengendara yang melintas agar sadar dan tertib berlalu lintas. Selain memberikan cokelat, petugas juga tidak segan memberikan peringatan kepada pengguna jalan yang melanggar aturan.

“Alasan pemberian cokelat ini karena untuk meraih simpati masyarakat. Cara ini cukup simpatik untuk memberikan sedikit penghargaan bagi yang tertib berlalu lintas,” katanya.

Operasi Simpatik Candi digelar 1 – 21 Maret mendatang. Sementara jumlah cokelat yang akan diberikan ke pengguna jalan ini disesuaikan dengan kebutuhan.

Ia berharap di jalur kawasan tertib lalu lintas, ketertiban pengguna jalan bisa dimaksimalkan. “Sehingga muncul keamanan dan keteriban masyarakat,” jelasnya.

Sementara salah seorang pengendara, Siti Nurmita, 20, mengaku baru pertama kali mendapatkan cokelat dari polisi. Ia menilai hal ini bagus untuk mendukung kesadaran pengguna jalan tertib lalu lintas.

Kapolres Magelang AKBP Zain Dwi Nugroho mengatakan, Operasi Simpatik Candi melibatkan TNI dan Dinas Perhubungan. Operasi yang digelar serentak di seluruh Indonesia ini untuk optimalisasi penerapan kawasan tertib lalulintas (KTL) guna menciptakan lokasi yang tertib marka, rambu, parkir serta pengguna jalan.

Dalam operasi Simpatik Candi 2016, Polres Magelang melibatkan 53 personel. Mereka dibagi dalam satgas deteksi, preentif, preventif, penegakan hukum, bantuan pelayanan kesehatan dan bantuan sarana dan prasarana.

“Fokus operasi ini pada jalur kawasan tertib berlalulintas. Yang meliputi Jalan Pemuda Muntilan dan Jalan Soekarno Hatta Mungkid,” katanya. (ady/laz/ong)

Magelang