MAGELANG – Badan Kesbangpolinmas Pemkot Magelang melakukan sosialisasi bakal digelarnya pemilihan wali kota dan wakil wali kota pada tahun ini. Sosialisasi tersebut diadakan di Aula Bakorwil Kedu-Surakarta, Rabu (13/5).
Kegiatan ini dibuka Wali Kota Sigit Widyonindito, dihadiri Forpimda, kepala SKPD, dan lebih dari 100 orang dari berbagai kalangan masyarakat.
“Para peserta terdiri dari tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh parpol, ormas, pelajar, mahasiswa, dan lainnya,” kata Kepala Badan Kesbangpolinmas Eri Widyo Saptoko.
Kegiatan ini bertujuan memberikan pendidikan politik bagi masyarakat. Ini sekaligus upaya pemerintah meningkatkan partisipasi masayarakat dalam menggunakan hak pilih dalam pilkada yang akan 9 Desember mendatang.
Guna mendukung sosialisasi, penyelenggara menghadirkan Ketua KPU Kota Magelang Basmar Perianto Amron, Kapolres Magelang Kota AKBP Zain Dwi Nugroho, Dosen Universitas Wahid Hasyim Semarang Joko J. Prihatmoko.
“Kami berharap kegiatan ini bisa menjalin dan mempererat persatuan dan kesatuan, khususnya warga Kota Magelang dalam menghadapi pemilihan wali kota dan wakil wali kota mendatang,” tuturnya.
Sigit berharap, adanya sosialisasi tersebut, masyarakat lebih berperan aktif dan menyukseskan pilkada. Ia minta jajarannya mengawal jalannya Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota 2015.
“Yang tak kalah penting, iklim sejuk dan kondusif harus dijaga bersama, agar pelaksanaan pilkada berjalan lancar sesuai harapan semua. Jangan karena ada beda pilihan dan pemikiran, timbul konflik yang tidak diinginkan,” katanya.(dem/hes/ong)

Magelang