05- Lomba IMP
Masuk Nominasi Calon Peraih Penghargaan
Pada Lomba IMP
MAGELANG – Kota Magelang masuk nominasi calon peraih penghargaan Lomba Inovasi Manajemen Perkotaan (IMP). Yakni, inovasi penataan pedagang kaki lima (PKL) dan inovasi pengelolaan sampah.
Lomba tersebut merupakan program dari Kementerian Dalam Negeri melalui Ditjen Bina Pembangunan Daerah (Bangda), yang pesertanya seluruh daerah kabupaten/kota di Indonesia.
“Kota Magelang masuk nominasi calon peraih lomba inovasi manajemen perkotaan. Namun, untuk mengetahui juara satu sampai tiga baru akan diumumkan setelah tahapan penilaian selesai,” kata Parulian Siagian, tim teknis dari Ditjen Bina Pembangunan Daerah (Bangda) Kemendagri, di Pendopo Pengabdian, kemarin (21/10).
Kedatangan Parulian yang didampingi dua tim juri yakni Syarif Puradimadja dan Haryo Sasongko tersebut, merupakan kunjungan lapangan untuk mengetahui secara riil apa yang sudah dipresentasikan Wali Kota Magelang Ir Sigit Widyonindito MT di Jakarta beberapa waktu lalu, apakah sesuai apa tidak.
Ia mengatakan, dalam lomba tersebut, ada tiga tahapan yang harus dilalui. Yaitu, seleksi administrasi, presentasi, dan tinjauan lapangan.
Ketua Tim Juri Syarif Puradimadja mengemukakan, untuk menciptakan inovasi manajemen perkotaan, ada beberapa hal yang harus dilakukan pemerintah. Pertama, penyelenggaraan pemerintah yang kreatif. Kedua, membangun kemitraan dan kerja sama, dan terakhir penataaan ruang tata kota untuk kepentingan masyarakat.
“Untuk menata PKL maupun pengelolaan sampah, tentu butuh kemitraan dan kerja sama yang sinergis antara pemerintah dengan pihak terkait. Selain itu, dengan memberikan ruang yang cukup pada warga, akan meningkatkan inovasi dan kreasi masyarakat,” paparnya.
Wali Kota Sigit Widyonindito berharap keikutsertaan dalam lomba ini bisa semakin memacu semangat pemkot melakukan inovasi pembangunan di Kota Magelang. Salah satu buki inovasi yang berhasil dijalankan adalah relokasi PKL di sejumlah jalan protokol, dengan meminimalisir gesekkan yang ada.(dem/hes)
Pacu Semangat Lakukan Inovasi Pembangunan

Magelang