MUNGKID – Jumlah kejadian kebakaran di sejumlah kecamatan di Kabupaten Magelang cukup tinggi. Hal tersebut mendorong pemkab membuka dua pos pemadam kebakaran. Pilihannya, di Kecamatan Bandongan dan Grabag. Pembukaan dua pos baru tersebut diharapkan lebih mendekatkan pelayanan pada masyarakat.
Pos pemadam kebakaran di Kecamatan Bandongan nantinya membawahi wilayah Kecamatan Windusari, Bandongan, Kaliangkrik, dan sekitarnya. Sementara pos Grabag akan membawahi wilayah Kecamatan Grabag, Secang, Ngablak, Pakis, dan sekitarnya.
“Di dua pos itu, kami menempatkan mobil damkar dua unit yang berukuran sedang. Kami ambilkan dari UPT,” kata Kepala UPT Pemadam Kebakaran Dinas Pekerjaan Umum Energi Sumber Daya Mineral (DPU ESDM) Kabupaten Magelang Heri Prawoto, kemarin (20/10).
Ia meneruskan, selain lebih dekat dengan masyarakat, keberadaan pos tersebut juga diharapkan mempercepat penanganan jika sewaktu- waktu terjadi musibah kebakaran. Untuk pelayanan yang diberikan melalui pos ini bersifat emergency atau darurat bencana.
“Dengan pelayanan yang lebih cepat dan dekat, diharapkan masyarakat merasa lebih aman,” imbuh Heri.
Ia menyebut, keberadaan dua pos pemadam kebakaran tambahan akan seterusnya. Bahkan, rencananya ditambah kembali di Kecamatan Bandongan dan Tempuran, berdasar masukan dan usulan masyarakat. Selain itu juga berdasar pertimbangan banyaknya kejadian kebakaran di wilayah tersebut.
“Untuk memaksimalkan pelayanan, kami berlakukan piket petugas selama 24 jam di dua pos tambahan,” jelasnya.
Adapun jumlah petugas yang ditempatkan di dua pos tersebut diambil dari UPT. Yakni 12 personel di Kecamatan Bandongan dan 12 personel di Kecamatan Grabag. Mereka terbagi dalam tiga shif setiap harinya. Masing- masing shif terdiri dari empat orang.
Camat Bandongan yang diwakili Kepala UPT DPU ESDM Bandongan Agung berterima kasih dengan adanya penambahan pos pemadam kebakaran.
“Sarana pemadam kebakaran semakin dekat. Selanjutnya, pos bisa berkoordinasi dengan UPT kecamatan dan muspika setempat terkait teknis di lapangan,” katanya.(ady/hes/ong)

Magelang