MAGELANG – Tahun lalu Wali Kota Sigit Widyonindito naik Bis AKDP jurusan Jogja-Semarang saat memantau sejumlah fasilitas publik jelang Lebaran. Kali ini, wali kota naik Angkutan Umum (Angkot) Jalur 1.Memang, langkah wali kota sepertinya hanya pencitraan semata. Karena, sebelum dinaiki wali kota dan rombongan dari Superindo Jalan Pahlawan, angkot tersebut disiapkan di Taman Badaan. Jumlahnya ada empat buah. Kru angkutan umum juga diseragami.”Kalau angkutan kota bersih seperti ini, tentunya penumpang nyaman,” ungkap wali kota saat naik angkot, kemarin (24/7).
Blusukan wali kota tersebut didampingi Wakil Wali Kota Joko Prasetyo, Ketua DPRD Muh Hasan Suryoyudho, Kajari Tri Retno Sundari, dan lainnya. Mereka naik angkot hingga alun-alun. Dari situ, wali kota dan rombongan ganti naik Angkot Jalur 4 menuju Pasar Rejowinangun. Sekda Sugiharto didampingi Kapolres AKBP Tommy Aria Dwianto, dan lainnya naik angkot lain yang ada di belakangnya.Sementara itu, wali kota menegaskan Kota Magelang siap menerima pemudik. Ini diungkapkan setelah dirinya bersama Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Kota Magelang memantau kesiapan sejumlah fasilitas publik. Seperti pasar tradisional, super market, terminal, dan tempat lainnya. Kunjungan diawali ke toko pusat oleh-oleh di Jalan Ikhlas. Pada kesempatan tersebut, wali kota mengecek ketersediaan produk makanan di toko tersebut. Selain itu, juga ingin memastikan kondisi produk makanan yang dijual dalam keadaan baik atau tidak. “Saya amati, produk makanan dalam kondisi baik. Apalagi ini dikonsumsi, jadi harus dipastikan kemasan tidak rusak dan belum masuk masa kedaluwarsa,” kata Sigit.
Usai dari pusat oleh-oleh, rombongan menuju ke agen LPG 3 kg Pusat Koperasi Konsumen (PKK) yang berada di Jalan Kapten Piere Tendean. Selanjutnya ke pusat perbelanjaan Superindo di Jalan Pahlawan. Di sini, Sigit mengecek sejumlah produk yang dijual.”Saya cek beberapa produk, termasuk parsel. Ternyata tidak ada yang expire. Aktivitas toko juga mulai ramai. Pengelola juga memastikan stok barang sampai saat ini aman. Pesan saya pada masyarakat, jangan terlalu berlebihan belanja, pilih yang dibutuhkan dan bermanfaat saja,” pintanya.Dari Alun-alun, dilanjutkan ke Pasar Rejowinangun, garasi Bus Handoyo. Terakhir, ke Terminal Tidar Kota Magelang. “Setelah kami keliling tadi, ketersedian stok bahan-bahan pokok aman. Peningkatan harga juga tidak terlalu siginifikan. Kesiapan alat transportasi umum sudah terkondisikan dengan baik. Intinya, Kota Magelang siap menerima pemudik Lebaran tahun ini,” katanya.(dem/hes)

Magelang