PENGUNJUNG Candi Borobudur diprediksi bakal meningkat pada Lebaran tahun ini. Para wisatawan bakal mengunjungi Candi Buddha sejak 26 Juli mendatang. Peak session kunjungan wisatawan diperkirakan berlangsung hingga 10 Agustus mendatang. Kepala Bidang Humas Protokol PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko Martana Eka Rahmadi menyatakan, selama masa ramai Candi Borobudur diperkirakan pengunjung mengalami peningkatan. Angka kunjungan wisatawan mencapai sekitar 316.538. “Angka itu bisa diraih dengan estimasi pengunjung per hari sekitar 19.784 orang,” kata Martana kemarin (24/7).
Dengan perhitungan itu, pihaknya menargetkan pengunjung menembus angka 52.228 orang. Angka itu mengalami kenaikan tujuh persen dari tahun lalu yang mencapai 50.512 orang.”Nantinya, puncak pengunjung memadati Candi Borobudur pada H+3 Lebaran. Itu perkiraan dari manajemen,” jelasnya. Berdasar angka prediksi itu, manajemen pengelola Candi Borobudur melakukan berbagai persiapan. Baik melayani wisatawan selama masa ramai libur Lebaran 1435 H/ 2014. Tidak lain, persiapan pelayanan ini untuk menjaga standar kualitas pelayanan terhadap wisatawan pada musim Lebaran. “Kami sengaja menargetkan pengunjung meningkat tujuh persen, ini bukan tanpa alasan. Perhitungan kami berdasarkan angka mudik nasional meningkat tujuh persen. Diharapkan bisa berimbas pada pengunjung Candi Borobudur. Bahkan, kami berharap bisa lebih dari tujuh persen,” katanya.
Sementara itu, Waka Operasional I Unit Borobudur TWC Borobudur Aryono Hendro Malyanto menjelaskan, harga tiket Candi Borobudur tidak ada perubahan. Harga tiket masuk untuk wisatawan domestik umum sebesar Rp 30 ribu dan wisatawan domestik anak dibandrol Rp 12.500. “Sementara harga tiket untuk wisatawan mancanegara dewasa 20 dolar dan wisatawan mancanegara anak atau pelajar 10 dolar,” jelasnya. Ia mengaku sudah berkoordinasi dengan TNI-Polri dalam pengamanan saat Lebaran. Pengamanan ditingkatkan bagi pengunjungdi zona I Candi Borobudur. Bahkan, petugas juga memberlakukan metal detector di dua tempat. Yakni di main gate Candi Borobudur dan pintu masuk candi. “Selama masa ramai libur Lebaran, kami membuat kebijakan baru dengan memperpanjang waktu pengoperasional pelayanan tiket Candi Borobudur. Yakni, dari pukul 06.00 – 17.00 menjadi 06.00 -17.15,” katanya.(ady/hes)

Magelang