MUNGKID – Pemerintah Kabupaten Magelang meminta kondusifitas daerah di Kabupaten Magelang dijaga. Masyarakat diminta menjaga keamanan bersama, jelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014. “Meski menjelang pemilu suhu politik agak sedikit meningkat, kami berharap masyarakat bisa menjaga agar kondisi Kabupaten Magelang tetap aman, damai, dan kondusif,” pinta Plt Sekda Pemkab Magelang Agung Trijaya, pada tarawih dan silaturahi pemimpin daerah putaran pertama di Masjid Al-Mubarok Dusun Drojokan Desa Sidomulyo Kecamatan Salaman Senin malam (1/7). Kehadiran Agung mewakili bupati dan wakil bupati yang berhalangan hadir.
Menurut sekda, keamanan jelang pilpres sangat penting. Karena kondusifitas Kabupaten Magelang merupakan faktor penentu masuknya investasi. Jika sebuah daerah tidak kondusif, investor tidak akan menanamkan modalnya di daerah tersebut.Ia juga mengajak seluruh masyarakat yang memiliki hak pilih untuk datang ke tempat pemungutan suara (TPS) untuk menggunakan hak pilihnya pada pilpres.”Kami berharap partisipasi masyarakat lebih baik dibanding pilihan legislatif lalu,” harapnya.Sekda menambahkan, pada pemilihan bupati pada Oktober tahun lalu, partisipasi masyarakat mencapai 76 persen. Sedangkan pada pilihan legislatif (pileg) pada April 2014, naik menjadi 82 persen. Artinya, ini menandakan kesadaran masyarakat akan pentingnya berpolitik cukup bagus.Ia mengajak masyarakat bisa mensikapi pemilu dengan cerdas. Mereka diminta menggunakan hak pilihnya dengan baik.
“Jangan salah pilih mengingat pilihan presiden sangatlah penting. Karena menentukan nasib bangsa untuk lima tahun ke depan,” katanya.Sementara itu, KH Muhamad Irsyad Tohir, pengasuh Ponpes At Tohir Ndilem Kecamatan Salaman dalam tauziahnya mengajak seluruh umat Islam untuk bisa menjalankan puasa dengan sempurna. Karena, puasa yang sempurnalah yang akan diterima.Kesempurnaan berpuasa harus dibarengi dengan beribadah yang baik. Yaitu melaksanakan salat lima waktu, serta tarawih. Mengingat tidak sedikit masyarakat yang melaksanakan puasa, tetapi salat dan tarawihnya tidak baik. Ada yang salat dan tarawihnya rutin, tetapi puasanya tidak. “Ada lima resep untuk bisa melaksanakan puasa dengan baik. Yaitu, niat, mengurangi aktivitas berat, iklas, serta melaksanakan salat tarawih,” katanya.(ady/hes)

Magelang