Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito mengawali tarling perdana bersama forpimda di Masjid Al Falah Kebonpolo Kelurahan Wates Kecamatan Magelang Utara, selasa malam (1/7). Kegiatan yang rutin setiap bulan Ramadan tersebut, rencananya mendatangi masjid yang telah dipilih di 17 kelurahan.Selain diikuti forpimda, wali kota didampingi Wakil Wali Kota (Wawali) Joko Prasetyo, Sekda Sugiharto, dan sejumlah kepala SKPD di lingkungan Pemkot Magelang.Usai tarawih, walikota menyerahkan bantuan uang untuk masjid setempat sebesar Rp 6 juta, bantuan operasional Taman Pendidikan Al Quran (TPA) sebesar Rp 34 juta dan bantuan untuk 50 ustad dan ustadzah, masing-masing Rp 250 ribu.
“Bantuan ini merupakan bentuk perhatian pemkot kepada masjid. Selanjutnya, kepada pengurus masjid agar bisa menggunakan sesuai peruntukannya dan bermanfaat,” imbuh Sigit.Pada kesempatan tersebut, wali kota juga menyerahkan bantuan dari baznas bagi lima anak yatim, masing-masing Rp 150 ribu serta sejumlah bingkisan dari Bank Magelang, BPR BKK Magelang, dan Bank Jateng cabang Magelang.”Meski tidak seberapa, pemberian bantuan ini harus disyukuri,” katanya.Wali kota mengetahui di masjid tersebut ada dua pilihan, 23 dan 11 rakaat saat menjalankan tarawih. Ia meminta perpedaan itu bukan maslah serius. Sigit mengingatkan, agar yang perlu diperhatikan adalah konsistensi ibadah selama puasa.
“Perbedaan jangan sampai menimbulkan gesekan. Mari berserah diri pada Allah SWT, agar ibadah kita selama bulan suci ini bisa berjalan dengan lancar,” katanya.Ketua DPRD Kota Magelang Hasan Suryudho SH memanfaatkan kesempatan itu untuk pamitan kepada masyarakat setempat. Hasan yang menjabat ketua DPRD periode 2009-2014, akan berakhir masa jabatannya pada akhir Agustus mendatang.”Atas nama pribadi, saya mohon pamit. Kurang lebih satu setengah bulan lagi, saya tidak lagi duduk di kursi dewan Kota Magelang. Jika selama ini masih belum bisa memberikan yang terbaik, khususnya bagi masyarakat Kota Magelang,” katanya.Kabag Humas Protokol dan Santel Setda Kota Magelang Sutomo Hariyanto menerangkn, kegiatan tarawih ini akan dilaksanakan di 17 kelurahan. Nantinya, sambutan tarawih akan disampian anggota Forpimda secara bergantian.”Setelah wali kota, akan bergiliran kepada lainnya. Di antaranya, wawali, ketua DPRD, Dandim 0705, Kapolresta, Kajari dan Ketua Pengadilan Negeri (PN) Kota Magelang,” katanya.(dem/hes)

Magelang