MAGELANG–Strategi DPD Partai Golkar Kota Magelang memasang mantan birokrat menjadi calon legislatif (caleg) pada Pemilu 9 April tidak sia-sia. Dari perhitungan sementara, partai berlambang beringin ini menggunguli partai-partai lain di Dapil I Magelang Selatan. Golkar diperkirakan memperoleh 5.842 suara. Diurutan kedua, PDI Perjuangan dengan perolehan 5.667 suara.
Ketua Panitia Pemilu Kecamatan (PPK) Magelang Selatan, Sukirman mengatakan, sudah menyelesaikan rekapitulasi penghitungan suara di Dapil I. semua data sudah dipajang di papan pengumuman, sebagai wujud transparansi informasi pada masyarakat.
“Ini sudah data valid. Sudah bisa diserahkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Magelang,” kata Sukirman, kemarin (15/4).
Kedua partai yang mendominasi di Magelang Selatan tersebut akan mengisi dua kursi dari Dapil I. Di posisi ketiga, PKB menunjukkan eksistensinya dengan perolehan suara 3.007 atau satu kursi. Lalu, Partai Demokrat perolehan suaranya sebanyak 2.627 atau satu kursi.Disusul PKS, 1.645 suara, Partai Gerindra memperoleh 1.575 suara, PAN dengan 1.218 suara, dan PPP dengan 1.077 suara. Sedangkan Partai Nasdem mendapat 1.056 suara, PKPI 451 suara, Hanura dapat 213 suara, dan PBB dengan perolehan 35 suara.
Sukirman menambahkan, data yang masuk dalam plano tersebut juga dicatatkan nama-nama calon anggota legislatif (caleg) dari masing-masing partai. Dapil Magelang Selatan mendapat kuota delapan kursi. Rinciannya, Partai Golkar dan PDI Perjuangan masing-masing memperoleh dua kursi. Perolehan satu kursi, masing-masing PKB, Partai Demokrat, PKS, dan Partai Gerindra.
Dari data yang dipaparkan tersebut, bisa diprediksi caleg yang menempati posisi DPRD berdasarkan suara terbanyak. Bila mendapat dua kursi atau lebih, diambil dua caleg dengan suara terbanyak. Caleg Partai Golkar yang mendapat suara terbanyak Dapil Magelang Selatan adalah Agus Susatyo yang notabene mantan Plt Kepala DPU dengan 1.025 suara. Diurutan kedua, Muh Haryadi, mantan Lurah Kramat Utara dengan 985 suara, dan urutan ketiga Singgih Prambudiyang juga mantan Sekda Boyolali dengan 886 suara.
Nama Agus dan Muh Haryadi diprediksi menjadi wakil rakyat periode mendatang, karena unggul dalam perolehan suara.
Lalu, PDI Perjuangan suara terbanyak diperoleh Stin Sahyutri Soekisno dengan 1.414 suara, disusul Iwan Soeradmoko ada 920 suara, dan Joko Mei Budi dengan 858 suara. Dua caleg dengan perolehan terbanyak diperkirakan mengisi kursi DPRD. Selain itu, Caleg PKB Salafudin juga diperkirakan menempati posisi DPRD dengan perolehan 1.864 suara. Jumlah ini jauh dari perolehan caleg se-partai, karena tertinggi nomor dua hanya mendapat 444 suara yang diraih Sumaryoto.
Perolehan terbanyak di Dapil Magelang Selatan dari Partai Demokrat diperoleh Waluyo dengan 995 suara. Sementara, Hasan Suryoyudho yang masih menjabat ketua DPRD Kota Magelang memperoleh 789 suara. Kemungkinan besar, satu kursi Partai Demokrat mengusung Waluyo dengan perolehan tertinggi. PKS kemungkinan hanya mengusung satu caleg, yakni Arifin Mustofa dengan perolehan 625 suara. Urutan nomor dua di bawah Arifin diraih Sutrisno dengan 335 suara.
Partai urutan ketiga versi quick qount (penghitungan cepat) skala nasional, Partai Gerindra juga mendapat jatah satu kursi. Daftar caleg yang mendapat suara terbanyak dari partai berlambang kepala garuda adalah Hadiyono Nugroho dengan perolehan 602 suara.(dem/hes)
 

Magelang