MUNGKID – Logistik untuk Pemilu Legislatif (Pileg) 9 April mendatang dipastikan sudah terdistrusi ke 21 kecamatan di Kabupaten Magelang. Logistik Pileg telah dikirim ke Gedung Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) oleh KPU Kabupaten Magelang. Distribusi logistik selesai pada Sabtu (5/4).
Ketua KPU Kabupaten Magelang Affifudin menyatakan, sebanyak 13.360 kotak suara yang berisi logistik pileg selesai didistribusikan dan tidak ada kekurangan.
“Kotak suara nantinya didistribusikan ke 3.340 tempat pemungutan suara (TPS),” kata Affifudin, kemarin (6/4).
Menurut Affifudin, kotak suara dipastikan aman karena seluruhnya bersegel. Selain itu, pendistribusian kotak suara juga melalui pengawalan pihak kepolisian. Setelah tiba di gudang PPK, petugas Kepolisian terus mengawasi dan menjaga kotak suara tersebut.
Dijelaskan Affifudin, jumlah logistik sebanyak 3.340 TPS dikalikan empat kotak suara. Sehingga, total logistik yang didistribusikan mencapai 13.360 kotak suara. Kotak suara digunakan untuk Pileg DPD, DPRD Kabupaten, DPRD Provinsi, dan DPR RI.
“Kelengkapan yang dimasukkan di dalam kotak suara adalah surat suara, formulir C, plano C, template, tinta, alas coblos, alat coblos, dan sampul suara sah. Kelengkapan lain dimasukkan ke kotak berbeda,” katanya.
Untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada pileg tahun ini, KPU Kabupaten Magelang bersama relawan demokrasi menggelar sosialisasi dengan berkeliling ke sejumlah lokasi. Meski Minggu, KPU bersama relawan demokrasi masuk pasar tradisional dan Pasar Hewan Muntilan. Selain membagikan liflet dan brosur, mereka menggunakan pengeras suara.
Divisi Sosialisasi KPU Kabupaten Magelang, Wardoyo menjelaskan, mengisi masa tenang, KPU intensif melakukan sosialisasi ke sejumlah tempat. Selain di Kecamatan Muntilan, KPU merencanakan ke beberapa kecamatan lain.
“selain dibantu relawan demokrasi, kami dudkung beberapa penyelenggara pemilu di tingkat desa dan kecamatan,” katanya.(ady/hes)

Magelang