RADAR JOGJA – Olahraga merupakan salah satu rutinitas yang harus dilakukan setiap orang agar tubuh selalu sehat dan kuat. Sayangnya, banyak orang enggan berolahraga dengan alasan terlalu sibuk atau tidak punya semangat berolahraga. Padahal, mood berolahraga harus dibangkitkan supaya tubuh tetap aktif bergerak dan terhindar dari risiko penyakit serius.

Apakah Anda termasuk orang yang sering kehilangan semangat berolahraga hingga memutuskan untuk menundanya? Sebaiknya Anda menyimak ulasan berikut ini supaya bisa membangkitkan semangat berolahraga secara konsisten!

 Menyiapkan Perlengkapan Olahraga yang Nyaman dan Berkualitas

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan semangat berolahraga adalah menyiapkan perlengkapan olahraga yang nyaman dan berkualitas. Namun, jangan sampai Anda kalap membeli perlengkapan olahraga yang terlalu mahal, ya. Kalau ingin mendapatkan perlengkapan olahraga dari brand berkualitas seperti Nike, Anda dapat melakukan pemesanan melalui Blibli.

Nike Official Store di Blibli menyediakan berbagai perlengkapan olahraga berkualitas seperti pakaian, sepatu, kaos kaki, dan masih banyak lagi. Anda juga berkesempatan menikmati berbagai promo menarik saat berbelanja perlengkapan olahraga sehingga pengeluaran tidak membengkak. Dapatkan aneka produk Nike yang berkualitas hanya melalui Blibli.

Mencatat Pencapaian Olahraga Secara Konsisten

Cara berikutnya yang patut Anda coba untuk meningkatkan semangat berolahraga adalah mencatat pencapaian olahraga. Anda bisa melakukannya secara manual atau mengandalkan gadget seperti smartphone dan smartwatch. Catatlah kemajuan pencapaian olahraga yang berhasil Anda raih dalam kurun waktu tertentu. Misalnya, 3 hari lalu Anda berhasil lari sejauh 5 km dan kemarin Anda lari sejauh 8 km. Maka usahakan agar pencapaian berikutnya bisa melebihi pencapaian Anda yang terakhir.

Semangat berkompetisi dengan diri sendiri ini ternyata sangat ampuh membangkitkan semangat berolahraga. Jika Anda terbiasa mencatat pencapaian olahraga diri sendiri, kemungkinan besar Anda akan terpacu melakukan pencapaian lebih baik lagi seiring berjalannya waktu. Jadi, tetaplah fokus pada diri sendiri tanpa merasa terbebani saat melihat pencapaian orang lain.

Mencoba Berbagai Hal Baru yang Menyenangkan

Melakukan olahraga yang sama secara terus-menerus memang rentan menimbulkan kebosanan. Akibatnya, semangat berolahraga jadi berkurang drastis jika Anda sedang merasa bosan. Untuk menyiasati hal ini, sebaiknya Anda mencoba berbagai hal baru yang menyenangkan. Contohnya, mencari rute baru saat melakukan olahraga sepeda atau lari. Selain itu, Anda juga bisa mencoba beberapa jenis olahraga baru secara bergantian untuk menghindari kebosanan.

Buatlah jadwal yang terdiri dari beberapa olahraga berbeda dalam satu minggu untuk mempertahankan semangat Anda saat beraktivitas fisik. Tak cuma ampuh mengusir bosan, berbagai hal baru tersebut akan menambah pengalaman Anda sekaligus membuat tubuh semakin fit.

Menjadikan Olahraga Sebagai Me Time

Jika Anda sudah terlalu lelah dan penat beraktivitas bersama banyak orang selama seharian, maka jadikanlah olahraga sebagai me time. Nikmati waktu untuk diri sendiri ketika Anda berolahraga. Pilihlah olahraga yang Anda sukai kemudian lakukan rutinitas tersebut supaya Anda kembali bersemangat melanjutkan aktivitas usai berolahraga. Jangan ragu pergi menyendiri sejenak ke gym atau lokasi outdoor selama berolahraga sambil menikmati me time. Sesibuk apapun Anda, jangan lupa meluangkan me time sebagai bentuk apresiasi terhadap diri sendiri.

Mengajak Orang-Orang Terdekat untuk Berolahraga Bersama

Momen olahraga sering kali bisa dinikmati sebagai me time. Namun, tak jarang pula Anda butuh motivasi lebih banyak karena sedang bosan sendirian. Jadi, tak ada salahnya jika sesekali kamu mengajak orang-orang terdekat seperti anggota keluarga, sahabat, atau rekan kerja untuk berolahraga bersama. Olahraga permainan seperti badminton, futsal, dan basket bisa menjadi pilihan yang menarik. Selain efektif meningkatkan semangat berolahraga, kegiatan tersebut juga dapat membangun keakraban di antara Anda dan orang-orang terdekat. Olahraga dapat dijadikan sebagai quality time yang menyenangkan.

Memilih Waktu Olahraga Terbaik untuk Diri Sendiri

Ada berbagai opini yang menjelaskan tentang manfaat olahraga pagi maupun malam hari. Sebenarnya Anda tak perlu terlalu terpengaruh dengan opini tersebut. Hal yang harus Anda lakukan hanyalah memilih waktu olahraga terbaik untuk diri sendiri. Misalnya, jika Anda sering tidur larut malam maka sebaiknya Anda menghindari olahraga di pagi hari agar tetap mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Sebaliknya, Anda bisa melakukan olahraga di pagi hari jika terbiasa bangun lebih awal setiap hari. Pilihlah waktu olahraga terbaik menurut diri sendiri agar tidak merasa terbebani dan selalu enjoy ketika melakukannya.

Memberikan Apresiasi terhadap Diri Sendiri

Sama seperti pencapaian lainnya yang berhasil Anda dapatkan, rutin berolahraga juga butuh apresiasi. Oleh karena itu, jangan ragu memberi apresiasi kepada diri sendiri jika mulai konsisten berolahraga. Ada berbagai hal yang bisa Anda lakukan untuk menghargai diri sendiri karena sudah berolahraga secara rutin, misalnya membeli perlengkapan olahraga yang baru atau membeli makanan sehat yang Anda sukai. Penghargaan sekecil apapun akan membuat Anda lebih mencintai diri sendiri. Selanjutnya, Anda pun bisa menetapkan target yang lebih besar ketika berolahraga agar hasilnya semakin maksimal.

Jadi, olahraga apa yang paling Anda sukai dan paling sering Anda lakukan? Mari berolahraga secara teratur supaya tubuh senantiasa sehat dan bersemangat. Tubuh sehat pasti bikin Anda lebih bahagia dan siap menyelesaikan berbagai aktivitas. (*/ila)

Lifestyle