RADAR JOGJA – Sudah 10 tahun berkarya, melalui Minang Heritage, desainer kenamaan, Ria Miranda kembali menggelar pagelaran show tunggal untuk yang ke-9 kalinya pada 2 Desember 2021 di Intercontinental Pondok Indah. Keindahan Tubaba jadi salah satu yang ditampilkanya kali ini.

Acara yang dikemas dalam bentuk Hybrid Presentation ini mempersembahkan koleksi yang bertajuk Minang Heritage untuk RiaMiranda ready to wear 2021 dan Raya collection 2022. Bagi seorang Ria Miranda fashion show ini adalah sebuah konsistensi untuk terus melangkah berkarya dan menginspirasi setelah mencapai titik 10 tahun karya

di industri fashion.

Menurut Ria Miranda, tema Minang Heritage memiliki makna dan menjadi kekuatan tersendiri bagi brand Ria Miranda. Penampilan perdana pada Jakarta Fashion Week 2012, langsung memikat hati melalui busana yang memancarkan keindahan ornament Songket Silungkang Padang.

Kini, eksplorasinya semakin istimewa dengan teknik printing, warna-warna pastel dan earth tone yang khas dalam ornament minang dengan renggaan yang baru sehingga motif Minang telah menjadi ciri khas brand yang telah beranjak 12 tahun. ‚ÄúTahun ini, banyak hal baru yang dicoba lakukan. Kita perbaiki lagi dari mulai visual, branding dan proses kreatif desain,” ungkapnya.

Ria Miranda Annual Show kali ini hadir dengan konsep hybrid presentation yang sudah dipersiapkan cukup lama. Melihat kondisi pandemi yang semakin membaik, sekaligus bertepatan dengan perayaan 10 tahun karya Minang Heritage. “Rasanya momentum ini nggak mau aku sia-siakan. Alhamdulillah, banyak kolaborator hebat yang membantuku untuk mempersiapkan ini semua. Di dukung oleh Crystallure, Pemerintah Daerah Tubaba dan make up official oleh Wardah,” kata Ria Miranda.

Dalam karya terbarunya, Ria mengaku sangat kental dengan budaya. Tak hanya koleksi dengan tema Minang, sebuah konsep presentation yang disiapkan, menambah jejak pengalamannya dan tim bertamu ke daerah Tulang Bawang Barat (Tubaba), Kabupaten Lampung. Lokasi ini dipilih karena Tubaba melambangkan sebuah kota yang sedang maju berkembang, terlihat dari karya bangunan arsitekturnya sangat indah oleh Andra Matin. “Dengan visi yang jauh ke depan dan mengutamakan kearifan lokal, saya rasa sangat pantas untuk mengangkat Tubaba menjadi semangat kita di 2022 untuk tumbuh berkembang. Harapannya, perjalanan langkah brand RiaMiranda bisa memberikan sentuhan yang terus menginspirasi nilai-nilai kebaikan,” jelasnya.

Pagelaran fashion show RiaMiranda kali ini hadir melalui lini RiaMiranda dan RiaMiranda Signature. Sebanyak 25
looks penggabungan koleksi ready to wear dan preview Raya collection 2022 dipresentasikan dalam bentuk video campaign dengan sinematografi dan narasi yang menggambarkan perjalanan hidup sosok wanita Minang.

Terlihat ciri khas dari permainan siluet loose cutting, hingga drapery dengan pilihan warna warm color pastel tone. Variasi cutting yang oversized, drapery gathered, raglan sleeve cutting dan flare yang menjadi ciri khas feminine cutting koleksi RiaMiranda. Tak hanya itu, detail craftsmanship, embroidery pada lini RiaMiranda Signature dengan motif songket Minang terbaru khusus untuk menyambut 10 tahun Minang Heritage. (fat)

Lifestyle