RADAR JOGJA – Pandemi Covid-19 berdampak pada berbagai sektor, tak terkecuali para pelaku usaha UMKM. Inilah yang menjai tonggak seorang selebgram asal Jogjakarta Daniel Cahya Saputra untuk membantu para pelaku usaha. Caranya dengan melakukan promosi melalui sosial media Instagram miliknya.

Pria asal Bantul ini memiliki akun Instagram yang diikuti oleh puluhan ribu pengikut. Pada setiap unggahannya, setidaknya dilihat oleh lebih dari 30.000 penonton. Hal ini tentu dapat meluaskan pasar bagi UMKM yang ia promosikan. Imbasnya adalah adanya pingkatan penjualan.

“Terbuka untuk semua UMKM, tidak hanya dari Jogjakarta saja. Ada yang dari Jakarta, Surakarta dan Banten. Nanti akan diakun instagram saya @dj.danielsaputra21,” jelasnya, saat merayakan ulang tahunnya, Minggu (31/10).

Mengawali karir sebagai flight attandent di salah satu maskapai di Indonesia, Daniel terpaksa harus dirumahkan. Pandemi Covid-19 membuat maskpai tempatnya bekerja mengambil kebijakan tersebut. Tak mau hanya diam dan pasrah, Daniel kemudian menggali potensi yang ia miliki. Hingga akhirnya ia menekuni profesi barunya sebagai selebgram.

”Saya berupaya membantu membangkitkan ekonomi para UMKM secara gratis dan ada juga yang berbayar, karena bagi saya ini bagian dari ibadah, selain itu saya tidak mematok harga kepada calon konsumen yang akan menggunakan jasa saya,” katanya.

Daniel menambahkan, tak ada produk khusus yang ia promosikan. Dirinya hanya mensyaratkan produk yang ingin dipromosikan harus aman dan dijamin legalitasnya. Tak hanya melalui akun Instagram saja, Daniel juga memanfaatkan akun TikTok, Youtube dan Facebook Fanpage. (sce/co1/dwi)

Lifestyle