RADAR JOGJA – Masyarakat saat ini tengah merayakan hari raya Idul Adha. Perayaan Idul Adha identik dengan penyembelihan hewan kurban dan kemudian menyantap olahan daging tersebut bersama keluarga.

Ada banyak jenis olahan yang biasa jadi pilihan masyarakat, seperti sate, gulai, rendang, dan lain sebagainya. Permasalahan yang sering ditemui ketika mengolah daging kurban adalah daging yang kadang alot jika tidak dimasak dengan benar dan bau prengus khas daging yang menyengat seperti bau prengus khas daging kambing.

Sebenarnya ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Di bawah ini ada beberapa trik yang bisa dilakukan untuk membuat daging kurban lebih empuk dan lezat tanpa bau menyengat khas daging.

  1. Jangan mencuci daging

Ibu-ibu yang memasak daging kurban di rumah biasanya akan langsung mencuci daging sebelum mulai mengolahnya. Padahal dengan mencuci daging tersebut, akan membuat aroma amis dan prengusnya semakin kuat, apalagi jika mencucinya terlalu lama.

Dilansir dari JabarEkspress.com, ketika mengolah daging justru sebaiknya tidak usah dicuci, langsung tiriskan daging dari darahnya dan lumuri dengan bumbu-bumbu yang akan digunakan.

Namun jika masih ragu dengan kehigienisan daging, anda bisa mencucinya asal tidak terlalu lama dan pastikan air yang digunakan bersih. Karena mencuci daging sembarangan bisa memengaruhi tingkat kehigienisan daging.

2. Tambahkan nanas saat marinasi daging (Proses merendam bahan makanan dengan cairan yang sudah diberi bumbu)

Jika ingin daging lebih lembut saat dimasak, salah satu triknya adalah dengan menambahkan nanas bersama bumbu yang digunakan untuk memarinasi daging. Dilansir dari JawaPos.com, ketika memasak gulai, menambahkan nanas saat merendamnya akan membuat daging menjadi lebih empuk. Jika ingin makin empuk lagi, maka durasi ketika direndam dengan nanas harus lebih lama yaitu 3 sampai 4 jam atau lebih.

Caranya pun mudah. Cukup kupas dan cuci buah nanas sampai bersih. Kemudian potong buah nanas kecil-kecil dan ikut sertakan dalam marinasi daging.

3. Marinasi daging dengan bumbu lebih lama

Marinasi daging dengan bumbu akan membuat bumbu menjadi lebih meresap ke dalam daging sehingga hasil akhir masakan pun menjadi lebih lezat. Trik agar rasa daging jadi lebih lezat adalah dengan menambahkan durasi waktu marinasi daging. Lebih lama waktunya akan lebih meresap pula bumbunya.

Dilansir dari JawaPos.com, ketika daging kurban akan diolah menjadi sate maka waktu marinasi bumbunya pun harus lebih lama. Bisa juga dengan menambahkan larutan asam jawa agar rasa satenya lebih lezat.

4. Tumis daging dengan bumbu

Mentumis daging dengan bumbu terlebih dulu akan membuat bumbu lebih meresap. Daging juga akan jadi lebih lezat. Selain itu, hal ini juga dapat membantu mengurangi bau amis dan prengus dari daging.

  1. Potong daging sesuai ukuran yang diinginkan

Ketika akan memasak daging kurban menjadi gulai atau tongseng maka potongannya lebih baik dibuat lebih kecil. Begitu juga saat mengolah sate. Meski sebenarnya potongan daging saat memasak adalah selera, namun memotong daging dengan ukuran lebih kecil akan membantu daging lebih cepat empuk ketika dimasak. (om1/sky)

Lifestyle