RADAR JOGJA- Muslim Fashion Festival (MUFEST) 2021, kembali digelar di sejumlah kota di Indonesia. Digelar di tengah pandemi corona membuat gelaran ini diadakan dengan metode kombinasi online dan offline alias hybrid.

Muffest 2021 dengan tajuk “Recovery for Fashion Industry”. Diharapkan, Muffest tahun ini akan menghasilkan gerakan untuk membangkitkan semangat positif dan optimis bagi seluruh pelaku industri fesyen muslim di tengah situasi pandemi.

Jakarta, Jogjakarta, Surabaya, Bekasi, dan Bandung. Dengan diadakannya di berbagai kota ini diharapkan dapat membuka jalan untuk lebih mengoptimalkan etalase Muffest dalam menggaungkan produk fesyen muslim Indonesia lebih luas.

Desainer nasional pun dihadirkan dalam gelaran MUFEST 2021 ini. Salah satunya adalah Iffah M. Dewi, dari Sogan Batik.

Iffah M Dewi memilih menampilkan karya bertema ‘Semeleh’ dalam Muffest kali ini. Tema yang diangkat itu menurutnya merupakan inspirasi bijak yang melekat dan terpatri dalam masyarakat Jawa. Semeleh umumnya diartikan sebagai sikap yang sabar, sareh atau tenang serta sumeh yaitu murah hati. “Masyarakat Jawa mendapatkan pengaruh dari berbagai kebudayaan.

Hal ini digambarkan dengan bentuk desain busana yaitu pengaruh dari negara eropa digambarkan dengan bentuk dress melebar dilengkapi dengan lengan mengembang (puff sleeves) ala zaman hindia Belanda serta pengaruh dari negara timur (pedagang arab) kami adopsi untuk caftan outer,” jelasnya.

Iffah menambahkan, Cara kami dalam menyampaikan pesan atau syiar yaitu dengan elemen-elemen desain seperti motif, warna, simbol, dan aplikasi . Kemudian elemen-elemen tersebut dideskripsikan dengan tulisan sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat luas.

“Kami optimis jika  fashion muslim Indonesia berpotensi untuk naik ke level global. Kekhasan kisah-kisah sejarah Indonesia dipadukan dengan nilai nilai kebaikan universal yang ada dalam Islam dikemas indah dalam desain busana muslim modern yang mulai digemari dipasar global seiring dengan bertumbuhnya kesadarankesadaran untuk berpakaian tertutup dan sopan (modest),” katanya. (sky)

Lifestyle