RADAR JOGJA – Jasa penerjemah tersumpah semakin menjamur di berbagai daerah khususnya di Jabodetabek. Ini mengikuti permintaan masyarakat yang semakin besar dalam mengurus dokumen untuk keperluan di luar negeri. Anda bisa dengan mudah menemukan jasa penerjemah tersumpah di internet ataupun secara offline. Pertanyaan yang biasa diajukan oleh pemula adalah berapa tarif penerjemah tersumpah? Simak artikel ini sampai habis.

Macam-Macam Jasa Penerjemah Bahasa Asing

Sebelum membahas lebih lanjut, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis jasa penerjemah. Yaitu penerjemah tersumpah dan penerjemah biasa. Secara umum, penerjemah tersumpah untuk menangani dokumen legal dan penerjemah biasa untuk dokumen formal.

Tarif penerjemah tersumpah tentu lebih mahal dibandingkan dengan penerjemah biasa. Sebab, ada keunggulan tersendiri ketika Anda menggunakan jasa penerjemah tersumpah. Yang paling jelas adalah dokumen Anda memiliki legalitas resmi. Sedangkan dokumen hasil penerjemah biasa tidak memilikinya.

Dari segi keamanan, penerjemah tersumpah juga jauh lebih aman. Sebab, sebelum membuka praktek sebagai penerjemah mereka diambil sumpahnya oleh pemerintah setempat. Dalam sumpah tersebut seorang penerjemah berjanji menjaga kerahasiaan informasi dokumen klien.

Karena mampu memberikan legalitas dan jaminan keamanan informasi, penerjemah tersumpah dipercayai untuk menangani dokumen-dokumen resmi. Seperti surat kuasa, akte kelahiran, dokumen akademik, surat nikah, visa, perjanjian kontrak antar perusahaan, SOP bisnis dan lain sebagainya.

Sementara itu, penerjemah biasa yang tidak bisa memberi legalitas resmi lebih digunakan untuk kebutuhan formal masyarakat. Seperti tesis, panduan penggunaan produk manual, artikel, buku dan lain-lain.

Nah, setelah mengetahui macam-macam jasa penerjemah Anda bisa memilih mana yang sekiranya cocok dengan kebutuhan. Jika ingin mengurus beasiswa, pindah rumah dan keperluan bisnis di mancanegara, jasa penerjemah tersumpah tentu pilihan yang tepat.

Tarif Jasa Penerjemah Tersumpah di Tahun 2020

Bicara soal tarif jasa penerjemah tersumpah, tentu tidak bisa lepas dari jenis bahasa yang ingin diubah dan banyaknya dokumen. Masing-masing bahasa memiliki banderol harga yang berbeda karena menyesuaikan dengan tingkat kesulitannya.

Sebagai contoh, bahasa Inggris dan bahasa Spanyol. Karena bahasa Inggris sudah umum digunakan dan lebih familiar, tarif jasa penerjemah dokumen Inggris pasti lebih murah dibandingkan terjemah ke bahasa Spanyol.

Untuk penerjemah dokumen, maka dihitung per halaman. Sedangkan penerjemah lisan biasa dihitung per jam. Berikut kisaran harga atau tarif jasa penerjemah tersumpah:

Rp. 200.000 per Halaman

Inggris – Indonesia

Indonesia – Inggris

Rp. 300.000 per Halaman

Jepang – Inggris

Spanyol – Indonesia

Spanyol – Inggris

Korea – Indonesia

Belanda – Inggris

Italia – Indonesia

Italia – Inggris

Rp. 312.000 per Halaman

Perancis – Indonesia

Indonesia – Perancis

Rp. 350.000 per Halaman

Mandarin – Indonesia

Jepang – Indonesia

Jerman – Indonesia

Inggris – Jerman

Jerman – Inggris

Rp. 400.000 per Halaman

Belanda – Indonesia

Indonesia – Jerman

Indonesia – Jepang

Mandarin – Inggris

Rp. 450.000 per Halaman

Inggris – Jepang

Rp. 500.000 per Halaman

Inggris – Spanyol

Rp. 550.000 per Halaman

Indonesia – Belanda

Rp. 600.000 per Halaman

Inggris – Belanda

Rp. 650.000 per Halaman

Indonesia – Spanyol

Diatas hanya estimasi tarif penerjemah tersumpah dan tidak bisa dijadikan sebagai patokan pasti. Bisa saja lebih murah atau bahkan sedikit lebih mahal. Kota dimana Anda berdomisili juga mempengaruhi harga penerjemah tersumpah.

Salah satu jasa penerjemah tersumpah yang menghadirkan tarif terjangkau adalah CV. Solusindo Karya Nusa yang berlokasi di Jakarta Pusat. Tidak hanya menghadirkan harga terjangkau, namun juga kualitas yang terbaik. Yaitu berbekal team profesional dan pengalaman di bidang penerjemah tersumpah sejak 11 Maret 2013 silam.

Total lebih dari puluhan ribu dokumen yang berhasil dikerjakan. Mulai dari dokumen perorangan, BUMN, instansi pemerintah dan pemilik perusahaan swasta.

Itu tadi adalah sedikit pembahasan mengenai tarif jasa penerjemah tersumpah di tahun 2020. Semoga bisa menjadi informasi bermanfaat kepada Anda. (*/tif)

Lifestyle