RADAR JOGJA – Saat ini banyak pilihan peralatan masak beredar di pasaran. Hal ini membuat banyak orang terutama wanita dan ibu rumah tangga bingung dalam memilihnya. Peralatan memasak ini terus berinovasi menghasilkan produk baru tidak hanya desain dan bentuknya saja yang berubah namun juga bahan pembuatannya.

Jika dulu peralatan memasak cenderung dibuat dari alumunium namun saat ini ada berbagai macam bahan yang digunakan untuk membuat peralatan memasak seperti enamel, stainless, keramik, dan sebagainya. Pada kesempatan kali ini akan dibahas tentang perbedaan wajan enamel, teflon dan keramik yang wajib diketahui seperti berikut ini:

Harga

Perbedaan wajan enamel, teflon dan keramik yang pertama adalah harganya. Jangan tergiur dengan harga murah karena belum tentu aman untuk kesehatan Anda. Yang populer juga belum tentu aman untuk kesehatan Anda. Dari ketiga peralatan ini yang paling mahal adalah keramik. Alat masak dari keramik ini selain anti lengket juga memiliki massa yang lebih berat dibandingkan dengan teflon maupun bahan enamel.

Setelah keramik, ada teflon yang mana harganya mulai dari puluhan ribu sampai dengan ratusan ribu yang membedakan harga teflon ini adalah diameternya selain itu juga lapisannya. Semakin tebal lapisan anti lengket pada teflon harganya akan semakin mahal karena susah mengelupas, sedangkan harga termurah ditempati oleh enamel yang harganya puluhan ribu saja.

Keamanan

Perbedaan wajan enamel, teflon dan keramik selanjutnya adalah segi keamanannya. Teflon merupakan peralatan masak yang di atasnya ada lapisan anti lengketnya, sedangkan enamel merupakan peralatan masak dari bahan dasar enamel lapis cat dan menjadikan peralatan ini terlihat lebih modern dan mewah.

Dibandingkan dengan teflon, lapisan pada enamel ini lebih kokoh dan anti gores. Sifatnya juga non toxic sehingga lebih aman digunakan.  Selain itu juga lebih tahan terhadap suhu yang tinggi sampai 200 derajat celcius. Untuk teflon sendiri tidak tahan api dan bisa mengeluarkan asap yang berbahaya jika suhunya tinggi. Lapisan anti lengket ini mirip dengan inner rice cooker yang  juga mudah tergores dan mengelupas.

Masalah pada alat masak bahan enamel adalah munculnya karat terutama jika lapisannya tergores, sedangkan masalah pada teflon adalah jika lapisannya rusak atau mengelupas mampu memicu kanker, kerusakan hati dan gangguan tumbuh kembang. Tidak hanya itu saja saat suhu tinggi teflon akan sangat berbahaya bagi tubuh karena komponen PFOA yang ada di dalam lapisan teflon akan terlepas dan tercampur dengan makanan yang Anda masak.

Untuk bahan keramik ini dia tidak memiliki lapisan apapun di atasnya sehingga tidak ada istilah mengelupas selain itu mampu membuat makanan matang secara merata. Dibandingkan dengan enamel dan teflon bisa dikatakan bahwa keramik inilah yang paling aman karena tidak ada zat kimia yang keluar ketika wajan tersebut terkena panas dan digunakan untuk memasak.

Karena faktor keamanan yang tinggi maka tidak mengherankan jika penggorengan atau alat masak dari bahan dasar keramik di bandrol dengan harga yang mahal. Alat masak dari bahan keramik ini menjadi peralatan masak yang eksklusif dimana semakin besar ukurannya akan semakin mahal, bahkan satu buah peralatan bahan keramik ini bisa di bandrol dengan harga jutaan rupiah. Untuk urusan keamanan di bawah keramik ada stainless steel hanya saja penggunaan yang salah akan membuatnya lengket, makanan mudah hangus dan mudah menghitam.

Cara Pembersihan

Yang membedakan dari ketiga alat masak ini adalah cara pembersihannya. Enamel dan juga teflon ini memiliki lapisan, sehingga pembersihan dilakukan dengan penuh hati-hati. Jangan sampai lapisan tersebut tergores atau mengelupas karena akan membuat kualitas dan keamanan alat tersebut menurun. Hindari menggosok dan menekan lapisan dengan alat yang kasar, gunakan sponge halus agar lapisan tetap terjaga.

Jika enamel dan juga teflon masih dalam kondisi panas sebaiknya jangan langsung dibersihkan di bawah guyuran air karena hal tersebut juga mampu merusak lapisan enamel dan lapisan teflon tersebut. Sedangkan untuk alat masak dari bahan dasar keramik mudah dibersihkan. Hanya saja Anda harus berhati-hati karena mudah pecah dan juga retak.

Kesehatan

Perbedaan yang terakhir adalah dilihat dari segi kesehatannya.  Dibandingkan dengan alat masak bahan enamel dan juga teflon, peralatan masak dari bahan keramik ini jauh lebih sehat. Alasannya adalah bahan keramik ini mampu mempertahankan nutrisi makanan lebih lama dibandingkan dengan alat masak lainnya. Selain itu alat masak dari bahan keramik ini tidak memerlukan banyak minyak sehingga makanan lebih sehat.

Bagi Anda yang membutuhkan peralatan masak seperti panci, pan, fry pan, dan peralatan masak lainnya bisa membelinya di Rupa-Rupa. Rupa-Rupa menjadi platform e-commerce dan home living terbaik nomor satu di Indonesia.

Di sini produknya sangat lengkap, Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan dan juga budget Anda. Bahkan berbelanja di sini tidak akan membuat dompet Anda jebol karena semua produk yang ditawarkan sangat terjangkau, selain itu banyak diskon dan promo spesial yang bisa Anda dapatkan. Semoga perbedaan wajan enamel, teflon dan keramik di atas bermanfaat untuk Anda dan dapatkan peralatan masak terbaik Anda di Rupa-Rupa sekarang juga. (*/tif)

Lifestyle