RADAR JOGJA – Kisah pelantun adzan pertama di masa Rasulullah, Bilal bin Rabbah menjadi  inspirasi bagi desainer fesyen Iffah M Dewi untuk berkarya.

Iffah menuturkan, suara adzan yang merdu dan lantang dari Bilal bin Rabbah menghiasi langit Madinah di masa itu. Budak dari Habsyah yang kini disebut Ethiopia menjadi sahabat yang sangat dicintai Rasulullah karena mampu mempertahankan akidahnya sebagai muslim.

“Cinta Sang Nabi pada Bilal, menggambarkan dengan jelas bahwa Rasulullah SAW adalah teladan dalam perdamaian dan kesetaraan. Bahwa manusia itu terdiri dari suku-suku dan warna kulit yang berbeda, namun semua perbedaan itu tak menjadi soal karena yang dipandang dihadapan Allah SWT adalah ketaqwaannya,” jelas warga Rejondani, Sleman ini.

Bertajuk Muadzin Ar-Rasul Sogan Batik, koleksi terbaru rancangan Iffah didesain dengan warna-warna yang disukai di benua Afrika. Di antaranya hitam, coklat, merah, biru, dan kuning, yang juga menggambarkan keragaman warna kulit penduduk dunia. Ditambah motif aksara Jawa Hanacaraka yang menjadi ciri khas rancangannya.

“Maknanya sebagai simbol kisah Kecintaan Bilal kepada Nabi Muhammad menginspirasi dan menjadi teladan bagi masyarakat Indonesia,” ungkapnya

Menggunakan batik cap dan material katun dan 2 desain dengan material rayon yang sangat nyaman dan menyerap keringat, meski terkesan formal, sesuai dikenakan untuk #workfromhomeoutfit dan menemani kegiatan rutin rumah tangga.

Selain itu, dalam koleksi ini Iffah juga mebuat dua desain jaket pelindung diri berbahan parasut untuk melindungi diri di masa pandemi Covid-19. Ditambah topi pelindung droplet dengan face shield yang dipadukan dengan batik khas Sogan. (sky/tif)

Lifestyle