RADAR JOGJA – Saat ini, industri ekonomi kreatif terus mengalami perkembangan. Berbagai inovasi serta produk-produk baru dengan nuansa unik dan menarik terus bermunculan.

Seorang pemuda asal Jogjakarta, Vidi Y F telah membuat produk fesyen agar para kaum milenial bisa tampil beda. Yaitu, jaket denim dengan kreasi hiasan lukisan tangan.

Adapun gaya yang diusung pemuda 26 tahun tersebut adalah lukisan realis dan ekspresif. Wujudnya bisa berbentuk sketsa wajah, pemandangan atau gambar lainnya. Dia pun juga mengaku bisa membuat desain sesuai keinginan pembeli.

Mengawali bisnis jaket lukis sekitar akhir tahun 2018 lalu, Vidi mengaku niatan usahanya itu berawal dari hobi. Kesukaannya terhadap dunia seni rupa membuat dia ingin bisa mengekspresikannya ke berbagai media. Tak terkecuali untuk produk fesyen.”Lalu  tercetuslah ide memulai suatu usaha yang masih jarang di pasaran, yakni jaket lukis,” ujar Vidi kepada Radar Jogja Sabtu(7/12).

Dalam produknya ini, Vidi juga ingin menyampaikan seni adalah sesuatu yang tidak memiliki batas dan bisa diekspresikan pada media apapun. Termasuk pada jaket denim.

Dia pun mengibaratkan, sebuah jaket adalah sebuah kanvas namun bisa berjalan. Sehingga karyanya bisa dinikmati oleh siapapun dan di manapun.

Untuk bahan baku dipakai dalam jaket lukisnya, Vidi memakai cat akrilik, yaitu jenis cat lukis yang awet dan tidak mudah rusak. “Sehingga aman bila dicuci berkali-kali, lukisannya juga akan awet bertahun-tahun,” katanya.

Sedangkan untuk harga, pemuda yang suka bersepeda ini mematok pada kisaran Rp.300.000 – Rp.400.000. Namun itu sudah termasuk jaket.

Apabila pembeli membawa jaket sendiri, harganya bisa lebih murah yaitu Rp.150.000/ per lukisan. Harga tersebut bisa berubah tergantung tingkat kerumitan.

Saat ini, Vidi mengaku masih memasarkan produknya di lingkup dalam kota dan provinsi, bertempat di rumahnya yang berlamat di Gawar 04/37 Pandowoharjo, Sleman. Untuk media promosi, dia mengandalkan akun Instagram @tangansibuk . (inu/din)

Ekonomi