RADAR JOGJA – Berdasarkan studi yang dilakukan bersama antara TikTok Indonesia dan YouGov, grup riset dan analitik data internasional, video berdurasi singkat sebagai tiga format konten terbaik yang menginspirasikan kreativitas.

Head of Users and Content Operations TikTok Indonesia Angga Anugrah Putra mengatakan, foto/ilustrasi, video berdurasi singkat, dan musik diidentifikasi oleh responden di seluruh Asia Tenggara sebagai tiga format konten terbaik yang dipilih untuk mengekspresikan kreativitas. Saat ditanya tentang pentingnya kreator konten digital, mayoritas responden di Asia Tenggara setuju bahwa kreator konten penting saat ini dan akan menjadi semakin penting di masa depan.

Di antara responden yang setuju, alasan utamanya termasuk strategi pemasaran yang bergeser dari konten tradisional menjadi lebih ke konten digital, keberagaman konten digital yang memiliki sesuatu untuk semua orang, dan fakta bahwa kreator menyediakan sumber inspirasi bagi orang lain.

”Dengan menawarkan wadah untuk ekspresi kreatif dengan alat-alat merekam dan menyunting video yang mudah digunakan, TikTok merupakan aplikasi yang cocok untuk para bakat yang ingin menunjukkan ide-ide mereka melalui video berdurasi singkat. Baik itu mengkombinasikan foto-foto mereka dengan berbagai efek di layar dan musik, atau menciptakan video dengan musik paling popular,” ujarnya.

Di seluruh Asia Tenggara termasuk Indonesia, TikTok menjadi wadah untuk kreativitas dan ekspresi diri. ”Kami senang sekali bisa memperkenalkan platform seperti TikTok All-Star Southeast Asia 2019 yang memamerkan keberagaman konten di wilayah serta kreator di balik konten tersebut,” jelasnya.

Dia menjelaskan, kompetisi All-Star tingkat wilayah yang bertujuan menemukan dan menginkubasi kreator baru di Asia Tenggara. Itu sesuai dengan hasil studi yang menunjukkan bahwa video berdurasi singkat merupakan salah satu dari tiga format konten terbaik yang orang-orang pilih untuk gunakan sebagai alat mengekspresikan ide-ide kreatif mereka.

”Kompetisi TikTok All-Star Southeast Asia 2019 yang pertama kali diadakan ini membuka pendaftaran mulai 8 November di enam negara di wilayah Asia Tenggara, termasuk di Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam,” jelasnya

Mulai dari 8 hingga 14 November 2019, pengguna TikTok di Indonesia dapat berpartisipasi di kompetisi dengan mengunggah video orisinil yang menunjukkan bakat kreatif mereka. Sebanyak 60 video terbaik di tiap negara akan melalui proses pengambilan suara di mana 10 finalis terbaik di tiap kategori (total 30 finalis) akan dipilih untuk bertanding di tingkat wilayah. Pengguna di Indonesia dapat memberikan suara untuk video kesukaannya dengan mengklik banner TikTok All-Star Southeast Asia 2019 di aplikasi TikTok dan mengunjungi halaman pengambilan suara dari tanggal 15 sampai 18 November 2019.

Di babak nasional, finalis dari Indonesia akan bertanding di tingkat wilayah dengan para kreator dari Asia Tenggara, termasuk dari Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand, dan Vietnam. (ila)

Lifestyle