RADAR JOGJA – Konsisten berkarya di dunia batik dan fesyen yang mengangkat pesan Islami, mengantarkan desainer asal Sleman Iffah M Dewi ke Paris, Perancis, akhir September lalu. Pemilik brand Sogan Batik ini berkesempatan mengikuti KOD MODE Day Paris Fashion Show, sebuah ajang bergengsi yang diadakan oleh asosiasi fesyen yang berpusat di Paris, KOD MODE.

“KOD MODE bertujuan untuk membangun jaringan bagi pelaku dan penggerak modest fashion dan busana muslim di Perancis dan negara-negara Eropa lain,” jelas Iffah belum lama ini. Modest fashion adalah sebutan untuk busana santun yang menutupi dan tidak menonjolkan bentuk tubuh. Gaya busana ini semakin disukai dan berkembang pesat secara global saat ini.

Sebanyak delapan koleksi Sogan Batik berjudul Assalamu’alaikum Paris ditampilkan. Mengusung tema Islam Rahmatan lil alamin yang direpresentasikan dengan warna bumi atau earth tone seperti cokelat, mocca dan hijau. Dengan desain kasual yang bisa digunakan sehari-hari untuk muslimah maupun pengguna pakaian tertutup di seluruh dunia.

Iffah berkolaborasi dengan Kurnia Nur Arifah, Ifa Mariya dan Maria Fauzi. Keempatnya memiliki visi dan misi yang sama dalam dunia fesyen.

“Kami berempat memang memiliki latar belakang yang berbeda namun visi dan misi kami sama yaitu menyampaikan pesan tentang Islam dan perdamaian keseluruh dunia melalui busana terutama batik yang bernafaskan Islami,” ujar Iffah.

Kurnia Nur Arifah seorang santri yang konsisten sebagai fashionpreneur, Ifa Mariya seorang santri dan alumni CRCS UGM sedangkan Maria Fauzi seorang penulis, pengajar, alumni Al Azhar Kairo dan CRCS UGM. Iffah mengaku sangat bersyukur mereka dapat disatukan dalam KOD MODE DAY Paris Fahion Show ini.

“Selain fashion show, kami juga bersilaturahmi dengan teman teman di belahan dunia lain yang memiliki cita-cita sama, yaitu mengembangkan modest fashion dan ini membuat kami sangat senang,” tutur warga Rejondani, Sleman ini.

Dengan mengikuti ajang ini Iffah berharap dapat menginspirasi produk lokal Indonesia untuk semakin maju dan bisa meramaikan industri fesyen muslim dunia. Selain fashion show, rangkaian acara KOD MODE DAY PARIS 2019 juga terdiri dari talkshow dan pop up store.

“Melihat antusiasme para pengunjung fashion show yang kebanyakan muslimah dan social media enthusiast, kami berharap dan optimis Indonesia bisa maju dan jadi pusat mode busana muslim dunia,” harapnya. (sky/tif)

Lifestyle