RADAR JOGJA – Karakter orang berbeda-beda, ada yang masuk kategori introvert atau introvert yang cenderung tertutup. Ada pula yang masuk kategori ekstrovert atau ekstrover yang cenderung suka berbicara.

Dilansir dari jawapos.com, introver lebih suka menarik diri dari keramaian dan tak banyak bicara. Kebalikan dengan ekstrover. Tak jarang seorang introver merasa kesulitan dan kebingungan saat berbicara di depan umum.

Bahkan para introver harus berjuang lebih keras untuk melawan rasa takutnya saat berbicara di depan umum. Menjadi seorang introver tidaklah buruk, tapi jika tak melawan rasa takut untuk berbicara di depan banyak orang, bisa-bisa jadi penghambat dalam karir.

Nah, bagi para introver ini beberapa tips mempromosikan diri di dunia kerja. Dikutip dari cermati.com, yang pertama adalah belajar untuk percaya diri. Rasa percaya diri adalah kunci utama saat mempromosikan diri. Sedangkan memiliki kepercayaan diri yang tinggi bukanlah ciri khas seorang introver. Oleh karena perlu ditumbuhkan serta mengembangkan rasa percaya diri.

Salah satunya dengan mengetahui kelemahan serta kelebihan diri. Kelebihan introver adalah kemampuan analisis yang sangat baik, jeli, dan teliti. Para introver harus bangga dengan kemampuan ini dan tak perlu minder.

Kedua, jangan menutup diri dengan rekan kerja. Introver bukan berarti menjadi anti-sosial. Tak mengapa jika tak berteman dengan semua karyawan kantor. Tapi memiliki beberapa teman yang dapat diajak berkomunikasi adalah hal baik.

Terakhir, jangan bosan untuk selalu berlatih. Sebab, menjadi pribadi introver memang memiliki kesulitan dalam komunikasi di tengah keramaian. Tapi, dalam hal mempromosikan diri, tak jarang pribadi ekstrover pun merasakan demikian. Oleh karena itu, sering berlatih dan mengasah kemampuan diri memang sangat penting. (jpc/ila)

Lifestyle