RADAR JOGJA – Ruang tamu menjadi ruang yang pertama kali disinggahi ketika masuk ke rumah. Begitu pula saat menerima tamu atau teman. Nah, desain atau suasana ruang tamu bisa menjadi penilaian pertama tamu pada pemilik rumah lho.

Dilansir dari jawapos.com, ada beberapa cara sederhana untuk menambah lebih banyak ide pada desain ruang tamu sesuai kepribadian. LaSalle College Jakarta memberikan pemahaman sekaligus praktikal pentingnya aspek pewarnaan sketsa desain pada area ruang tamu.

Program Director of Design Interior Katherine Suteja mengatakan, ruang tamu itu sebagai identitas utama yang menggambarkan kepribadian dari pemilik rumah. ”Living Room as a Reflection of Identity, identitas pemilik rumah,” ujarnya.

Menurutnya, terdapat beragam aspek dalam ilmu desain interior, salah satunya adalah rendering atau proses membangun gambar dari sebuah model melalui teknologi komputer. Terdapat dua teknik dalam rendering, yaitu manual dan digital.

”Manual merupakan teknik mewarnai sketsa desain sedangkan digital adalah proses dari membangun gambar dari sebuah model melalui program computer,” jelasnya.

Dilansir dari Westchester Magazine, ada berbagai cara untuk memberi sentuhan kepribadian pada desain ruang tamu yang bisa menjadi inspirasi. Di antaranya, sentuhan pada jendela. Ini merupakan cara hemat biaya untuk memberi sentuhan modern pada jendela. Yakni dengan mengecat bingkai dengan warna yang lebih gelap daripada dinding, dengan begitu ruang tamu bisa tampak lebih hangat.

Kemudian, bisa juga memberi ornamen sesuai kepribadian. Kumpulkan semua benda berharga dan buat fitur. Seperti buku, ornamen, dan vas. Atau cukup tampilkan campuran eklektik dari foto di bingkai dan rak pajangan. Rak galeri juga bisa terlihat dramatis dengan wallpaper geometris di bawahnya.

Cara lain, bisa juga bermain-main dengan cermin. Gunakan cermin dalam berbagai bentuk atau ukuran atau tambahkan kotak peti tua menjadi meja kopi. Kreasi warna juga mudah untuk membuat ruang tamu lebih menarik tanpa menghabiskan anggaran. Cukup dengan menggabungkan warna-warna berani. Kontras antara rona cerah dan pola geometris pada bantal di sofa akan lebih menarik.

Dapat pula dengan menambah tanaman hijau di ruang tamu untuk menambah kehangatan. Tanaman hias akan lebih menarik diletakkan di ruang tamu. (jpc/ila)

Lifestyle