RADAR JOGJA – Suka bersepeda untuk ke sekolah atau ke kantor? Bersepeda memberikan efek yang baik untuk kesehatan tubuh. Bagi para penghobi sepeda, untuk perjalanan jauh dibutuhkan persiapan yang matang agar pegowes tak cepat merasa lelah.

Dilansir dari laman Bicycling, agar lancar dalam menempuh perjalanan panjang dengan sepeda disarankan untuk menambahkan lebih banyak waktu bersepeda selain akhir pekan. Nah, apa saja tipsnya. Pertama, perhatikan cara mengayuh sepeda. Cobalah mengayuh dengan gigi yang efisien, yang tidak terlalu keras dan tidak menyakiti kaki.

Saat bersepeda, nutrisi dan hidrasi adalah kunci untuk mempertahankan tenaga. Minum sekitar satu botol per jam akan memperbaiki tenaga. Sebab, air adalah yang paling penting. Makanlah camilan satu atau dua gigitan setiap 15 menit, konsistensi sepanjang hari sangat penting. Jika naik sepeda lebih dari dua jam, rencanakan pemberhentian untuk mengisi ulang botol dan camilan.

Terakhir jangan lupa bawa perlengkapan, siapkan perlengkapan yang dibutuhkan, baik perlengkapan pribadi maupun sepeda. Minimal, bawa perlengkapan untuk memperbaiki sepeda jika terjadi masalah di jalan. Kemudian bawa ponsel, kartu identitas, dan uang tunai. (jpc/ila)

Lifestyle