RADAR JOGJA – Dapat panggilan interview kerja menjadi momen yang mendebarkan. Nah, agar tetap lancar saat menjawab pertanyaan ketika wawancara kerja ada tips-nya lho. Kuncinya santai atau rileks saja.

Dilansir dari jawapos.com, seseorang bisa terjebak dalam menyiapkan jawaban sempurna. Sebab bukan hanya kesopanan dan jawaban standar yang dibutuhkan, perusahaan membutuhkan jawaban yang cerdas dan tegas.

Nah yang harus dihadapi saat interview, pertama siapkan jawaban ketika pewawancara menanyakan prioritas untuk menangani pekerjaan ini dalam 90 hari pertama. Saat pewawancara menanyakan ini, siapkan jawaban yang memberikan kesan baik, lugas, dan percaya diri. Sebab, jika pertanyaan ini muncul saat wawancara, perusahaan ingin mendapat komentar mengesankan dari pencari kerja. Mengapa? Karena itu menunjukkan bahwa seorang pewawancara sudah memikirkan bagaimana calon pegawai bisa sukses dalam peran itu.

Kemudian, pewawancara biasanya menanyakan kualitas lain yang dimiliki pelamar dan termasuk kemampuan bekerja sama dalam tim. Dilansir dari Forbes, jika pertanyaan ini muncul tentu saja, manajer perekrutan ingin merekrut seseorang yang akan menjadi aset dan menyelesaikan pekerjaan. Mereka juga ingin merekrut seseorang yang cocok bekerja dengan tim. Selain itu, biasanya pewawancara akan menanyakan tantangan dan kekhawatiran terhadap posisi pekerjaan yang akan dilamar pelamar. Nah, pertanyaan ini untuk menguji psikis pelamar kerja. Kuncinya jawab dengan percaya diri dan yakinkan bahwa kemampuan yang dimiliki akan jadi asset yang bagus untuk perusahaan. (jpc/ila)

Lifestyle