RADAR JOGJA – Saat kerjaan sedang banyak dan munculkah hectic, mungkin ini saatnya untuk rehat sejenak. Hmm, ngeteh bareng teman sepertinya enak ya? Pernah dengar teh dari bunga atau justru pernah pesan teh bunga-bungaan ini di kafe langganan?

Nah, bagi yang suka pesan teh bunga, macam chamomile atau krisan di kafe, ternyata seduhan bunga atau akar dan daun selain teh lebih tepat disebut tisane. Biasanya juga disebut teh herbal, yakni ramuan dari bunga, daun, biji, akar maupun buah kering. Meski familiarnya disebut “teh” namun lebih tepat disebut tisane. Kira-kira apa saja sih bunga yang bisa diseduh? Ini dia macamnya.

Harumnya Mawar dalam Cangkir

Pertama adalah bunga mawar. Bunga mawar dikeringkan, setelahnya diseduh dengan air panas. Rasanya unik. Lebih enak lagi jika tanpa gula. Konsumsi tisane mawar bisa membantu melembabkan kulit karena mawar mengandung vitamin A, C, dan E. Selain itu juga membantu menenangkan pikiran dan meningkatkan suasana hati.

Aroma Chamomile Bikin Lega

Nah, yang kedua ada tisane chamomile. Bunga ini cukup familiar karena sering ada di menu-menu kafe di seputaran Jogja. Manfaat tisane chamomile bisa mengurangi migraine dan memiliki efek menenangkan. Sehingga minum segelas tisane chamomile sebelum tidur sangat disarankan.

Redakan Flu dengan Crysantium

Tisane selanjutnya yang juga kerap ditawarkan di kafe adalah bunga Krisan atau Crysantium. Bunga ini mengandung vitamin C sehingga mampu berperan untuk menjaga kekebalan tubuh dan saat kita mengalami flu juga berfungsi untuk meredakan gejalanya serta mengurangi nyeri bagi penderita sinus.

Tidur Lebih Lelap berkat Lavender

Kalau dengar lavender pasti berkaitan dengan obat anti nyamuk. Tapi ternyata bunga lavender juga bisa dikonsumi. Dalam segelas tisane lavender terkandung antioksidan yang dapat menangkal flu. Menurut Natural Food Series, tisane lavender bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan mengatasi insomnia karena terkandung obat penenang alami yang membuat lebih rileks.

Hangatkan Tubuh dengan Osmanthus

Bunga yang satu ini mungkin kurang familiar, tapi khasiatnya bagus untuk tubuh. Bunga osmanthus namanya. Bunga ini memiliki aroma dan rasa yang fruity. Bunga beraroma manis ini dapat memberikan rasa hangat di tubuh. Juga direkomendasikan bagi mereka yang mengalami pusing dan bisa melegakan pernapasan. (ila)

Lifestyle