RADAR JOGJA – Jika bingung mencari destinasi liburan untuk akhir pekan, Bandung bisa jadi destinasi terbaik untuk melepas penat. Akses menuju Bandung sangat mudah karena tersedia berbagai pilihan transportasi yang bisa dipilih, mulai dari mobil pribadi, kereta, bus, hingga travel. Kalau sedang malas membawa kendaraan pribadi dan hanya ingin duduk santai sampai tiba di lokasi tujuan, kamu bisa pesan Xtrans Bandung di link ini.

Berbicara mengenai Bandung memang tak akan ada habisnya karena ada begitu banyak tempat menarik yang bisa ditelusuri. Selain memiliki destinasi wisata yang seru, Bandung juga memiliki sejuta tempat nongkrong yang asyik. Salah satu kawasan yang menjadi pusat tempat nongkrong anak muda di Kota Kembang adalah Jalan Braga. Nah, kalau penasaran ada kafe apa saja di Jalan Braga, berikut deretan kafe yang bisa kamu temukan di sepanjang Jalan Braga, Bandung.

  1. Warung Limarasa

Meski namanya ”warung”, jangan remehkan interior bangunannya. Jika dilihat dari luar, kafe satu ini mungkin terlihat biasa. Namun ketika masuk ke dalam, kamu akan disambut dengan interior bangunan yang kekinian. Warung Limarasa mengusung konsep industrial yang memberikan kesan minimalis nan modern. Pemilihan furniturnya juga disesuaikan dengan konsep kafe sehingga membuatnya terlihat Instagramable.

Tak hanya menawarkan tempat nongkrong yang asyik, Warung Limarasa juga menyuguhkan ragam makanan yang menggugah selera. Kebanyakan makanan yang ditawarkan di sini merupakan hidangan khas Nusantara, seperti ayam bakar madu, ayam goreng kremes, ayam geprek sambal matah, paru goreng, nasi goreng kampung, dan lain sebagainya.

  1. Kopi Toko Djawa

Buat para pecinta kopi, jangan lupa untuk mampir ke Kopi Toko Djawa. Dulunya kafe ini adalah sebuah toko buku populer yang sudah berdiri sejak tahun 1955. Sayangnya, eksistensi toko buku Djawa semakin memudar dan akhirnya tutup di tahun 2015. Meski sudah beralih fungsi, kesan jadul masih dipertahankan oleh tempat ini sehingga pengunjung pun bisa bernostalgia pada kenangan Bandung tempo dulu.

Menu di Kopi Toko Djawa sendiri tak jauh berbeda dengan menu kopi di kedai kopi pada umumnya. Namun ada satu menu spesial yang menjadi unggulannya, yakni Es Kopi Awan yang disajikan dengan cream yang lembut. Selain kopi, ada pula menu non-coffee yang bisa dipesan, antara lain chocolate, mocha, green tea, dan ice hazelnut latte.

  1. The Suga Rush

Lokasinya bersebelahan dengan Kopi Toko Djawa. Bisa dibilang, kafe satu ini merupakan tempat nongkrong favorit anak muda di Bandung karena setiap sudut kafenya sangat Instagramable. Semua dekorasinya ditata secara apik dengan sentuhan gaya klasik yang menarik. Pastinya bisa bikin feed Instagram kamu terlihat keren, deh.

Menu unggulan kafe ini adalah red velvet cake. Meski terdengar mainstream, siapa sangka kalau The Suga Rush adalah kafe pertama yang menyajikan menu red velvet di Bandung. Oleh sebab itu, kamu wajib mencicipi menu satu ini. Selain red velvet cake, kafe ini juga menyajikan menu lainnya, seperti churros, macaron, choco caramello, dan banana milkshake.

  1. Braga Punya Cerita

Tak hanya namanya yang unik, desain interior kafe ini juga dibikin sangat menarik. Lantai dua kafe ini dibikin selayaknya museum mini, lengkap dengan sejumlah gambar gedung-gedung bersejarah Kota Bandung tempo dulu. Pengunjung akan dibawa menyelami sejarah kawasan Braga sambil menikmati hidangan yang lezat. Unik banget, kan?

  1. Braga Permai

Dulunya, kafe ini bernama Maison Bogarijen dan menjadi kesayangan warga asing karena menyajikan aneka menu makanan dari seluruh penjuru dunia. Telah berdiri sejak tahun 1918-an, kafe ini tetap menyajikan menu yang sama. Di sini, kamu bisa menemukan menu masakan Italia, China, western, hingga menu Nusantara yang tak kalah lezat. Ada pula kue-kue khas Belanda yang disuguhkan di display kaca.

Bukan hanya menunya yang memiliki kesan jadul, bangunan kafenya juga masih mempertahankan bangunan tempo dulu. Bahkan, buku menunya juga sengaja dibuat lapuk untuk memberikan kesan jadul yang kental. Jadi, kafe di Braga, Bandung mana yang pernah kamu kunjungi?. (*/ila)

Lifestyle