BANTUL – Maharani Henenda SE, milenial dari Banguntapan, Bantul. Dia mengembangkan kuliner mengusung resep dari Kuala Lumpur, Malaysia. Milenial dengan berbagai bidang usaha ini membagikan kunci sukses usahanya dengan brand “Hawker’s Cumi”. Bisnis cumi bakar ini berkembang sangat cepat walau awalnya hanya mengamati berbagai usaha kuliner di Kuala Lumpur.
“Timbulah niat saya membuka usaha ini di Jogja, khususnya di Banguntapan. Mimpi saya menjadikan Banguntapan menjadi desa wisata dengan berbagai macam potensi,” kata Maharani Jumat (12/4).

Sukses menekuni usaha itu karena didorong beberapa faktor. Di antaranya, pertama, kaum milenial harus menyadari sesuatu yang besar tidak datang dengan mudah. Kedua, harus sabar, fokus dan selalu menemukan ide baru untuk ekspansi usaha, Ketiga, memahami dan memanfaatkan teknologi informasi.

Saat ini kalangan milenial dekat dengan teknologi informasi. Mereka selalu meng-update perkembangan teknologi sebagai modal bisnisnya. “Kaum milenial memanfaatkan internet menjadi media promosi, pemasaran dan bisnis online,” ungkap caleg DPRD Bantul mewakili Dapil 2 Banguntapan-Piyungan dari Partai NasDem ini. Dengan ketiga faktor pengembangan bisnis itu, Maharani bisa memajukan bisnis “Hawker’s Cumi” dengan cepat. Bahkan konsumennya itu sampai antre. “Seperti membeli tiket bioskop,” tuturnya.

Karena itu, generasi zaman Now di Banguntapan dan Piyungan tak boleh kalah dengan anak-anak di wilayah lain. Perguruan tinggi saja tidak cukup. Harus dibekali berbagai pengalaman, soft kills yang baik dan menjadi pribad kreatif, aktif dan inovatif. “Saya sangat yakin dan percaya generasi milenial selalu melakukan aktivitas-aktivitas tersebut. Pastinya bisnis akan lancar. Ke depannya akan terbebas dari masalah financial. Amin,” tutur Maharani. (kus/mg4)

Lifestyle