JOGJA – Untuk menjaga kebugaran, banyak kegiatan olahraga yang bisa dilakukan. Salah satunya melakukan fitness. Tak hanya menyehatkan, aktivitas fitness ternyata juga mampu memulihkan seseorang dari cedera.

Angela Louis Radetya salah satunya. Mantan atlet wushu ini mengikuti aktivitas fitness untuk kesembuhan lututnya. “Aku nge-gym gara-gara waktu itu lututku cidera,” ujarnya di sela-sela aktivitas nge-gym-nya.

Saat menjadi atlet, lutut Angela sempat mengalami robek pada ligamen dan meniskusnya. Dia pun membutuhkan pemulihan. Selain perlahan-lahan memulihkan, Angela juga harus tetap menjaga ketahanan lututnya. Oleh sebab itu dia memilih gym.

Dipandu dengan seorang personal trainer, Angela melakukan gym dan fitness 2-3 kali dalam seminggu. Untuk memulihkan kondisi lututnya, aktivitas gym itu telah dia lakukan selama lima bulan terakhir. “Sebenarnya kalau ligamen dan meniskus sobek biasanya nggak bisa sembuh. Jadi seumur hidup. Tapi aku milih untuk menahannya,” kata Angela.

Aktivitas nge-gym itu adalah untuk pertama kali ia lakukan. Selain pemulihan, dia pun merasakan perubahan pada tubuhnya yakni penurunan berat badan. Lemak pada tubuhnya pun berkurang.

Sedangkan Asty Tyas mahasiswa semester VIII Universitas Ahmad Dahlan, menyukai gym karena ingin tubuhnya ideal. Namun lama kelamaan kegemarannya ini berubah untuk kebugaran tubuh. ”Jadinya udah seneng jadi untuk kebugaran,” papar Asty.

Kegemarannya nge-gym dimulai 2016. Biasanya Asty menghabiskan waktu seminggu dua sampai tiga kali untuk datang ke tempat fitnes.Dulu waktu pertama seneng-senengnya nge-gym seminggu 3-4 kali. Tetapi kalau sekarang dua kali seminggu. Banyak manfaat yang telah dirasakan Asty ketika sudah sering melakukannya. “Kalau udah nge-gym itu seger. Badannya menjadi enteng,’’ paparnya.(cr8/cr9/din/mg2)

Lifestyle