Self defense ala Muay Thai ketiga yang bisa dipelajari dan diaplikasikan yakni teknik pukulan ke depan. Coach Aldy dan coach Ravi dari Fitbox Gymstudio akan menunjukkan gerakan self defense yang sederhana namun bisa menjadi andalan saat kita berada dikondisi terdesak.

Setelah sebelumnya memberikan teknik Clinch Fighting yang mengandalkan tangan dan lutut. Serta Knee Strike yang bisa menjadi gerakan reflek ketika ada orang tak dikenal tiba-tiba menarik tangan dari samping maupun dari depan. Nah kali ini gerakan yang diajarkan adalah Jab atau Straight Fighting.

Jab or Straight Fighting

Jab atau pukulan pendek ini bisa diaplikasikan saat ada serangan dari depan. Misalnya saja saat ada orang jahat yang akan menampar wajah kita, nah ketika itu terjadi tangan kita bisa menangkisnya.

(REREN INDRANILA/RADAR JOGJA)

Tekniknya dengan kedua tangan berada di samping wajah, sejajar dengan telinga. Kemudian, kepal tangan dan tinju di bagian wajah.

Kemudian lari mencari tempat aman, jika memang tak memungkinkan untuk lari bisa teriak sekencang-kencangnya agar didengar orang. Ini penting dilakukan, sebagai antisipasi apabila lawan cukup kuat. Sehingga pertolongan dari orang lain sangat diperlukan. (ila)

Lifestyle