Sekali dayung dua pulau terlampau. Olahraga sekalian belajar self defense. Itu merupakan salah satu manfaat untuk kita saat mempelajari olahraga bela diri. Nah olahraga bela diri itu macam-macam, ada karate, taekwondo, boxing, muay thai, dan masih banyak lagi.

Muay Thai menjadi olahraga bela diri yang akan dibahas kali ini. Olahraga asal Thailand ini memiliki beberapa gerakan dasar yang bisa digunakan untuk self defense. Menurut Coach Muay Thai Fitbox Gymstudio Budi Setiawan, gerakan dasar ini bisa dipelajari dengan mudah. Tetapi, dia berpesan, tetap harus dibawah pelatih saat mempelajarinya. Kalau tidak, khawatirnya akan menimbulkan cedera jika tanpa pengawasan pelatih.

Muay Thai memanfaatkan seluruh tubuh dalam tekniknya. Misalnya saja dengan memutar pinggul di setiap gerakan tendangan, pukulan, pukulan siku, dan tangkisan. Nah, ini dia lima gerakan self defense ala Muay Thai yang dirangkum oleh Radar Jogja.

Clinch Fighting

Gerakan ini menggunakan teknik tangan dan lutut. Misalnya saja saat ada orang yang sedang berusaha mencekik atau memegang bahu dengan paksa.

Coach Aldy dan coach Ravi memeragakan teknik Muay Thai. (REREN INDRANILA/RADAR JOGJA)

Maka self defense yang disarankan adalah kedua tangan diangkat ke atas dan berada di samping wajah. Kemudian tangan berada di leher dan tarik badan penyerang ke arah lutut.

Lalu lutut diarahkan ke bagian vital tubuh, misalnya saja bagian perut. Nah, saat penyerang lengah karena menahan sakit, barulah kita lari untuk mencari pertolongan. (ila)

Lifestyle