MELEPAS penat, tidak harus mengunjungi objek wisata. Bisa juga dengan menggeluti hobi mobil kuno. Bersama teman sehobi, kesenangan tersebut bisa membuat hati gembira.

Demikian pula yang dilakukan oleh komunitas Jogja Corona Club (JCC). Komunitas pecinta mobil Toyota Corona ini sering berkumpul untuk sekadar kangen-kangenan dan menjadi ajang silaturahim.

Mobil tua yang diidentikkan dengan mobil mogokan dan tak layak jalan terbantahkan jika mobil tersebut ada di tangan anggota JCC. Bahkan mereka menggelar acara kumpul bareng bertajuk Jogja Corona Festival (JCF).

Mereka membawa mobil buatan Jepang yang diproduksi 1970-1990. Kebanyakan sudah direstorasi dan dimodifikasi.

Ketua Panitia JCF Yully Widianto mengatakan acara tersebut kali pertama digelar. Bersamaan dengan HUT ke-11 JCC. Acara akan diadakan di XT Square Jogja, Minggu (9/9). Acara tersebut melombakan kontes mobil tua.

“Acara dimulai pagi hingga malam. Kami pilih XT Square karena representatif. Masih di Kota Jogja. Gampang dijangkau. Memudahkan pengunjung datang ke venue,” kata Yully kepada Radar Jogja, Sabtu (8/9).

Lomba yang digelar mulai Retro Car Contest, New Car Contest, hingga Toyota Corona Contest. Juaranya mendapat trofi serta uang pembinaan dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) DIJ dan trofi Dinas Pariwisata (Dispar) DIJ.

Acara diramaikan ratusan anggota klub mobil yang hadir dengan mobil-mobil retronya. Acara ini seakan bernostalgia ke masa lalu. Ada pula panggung hiburan 80’s band performance, dangdut, dan fun games. JCF diharapkan berkelanjutan dan menjadi agenda tahunan.

Ketua Umum JCC Agus Budiyanto mengatakan JCF menjadi ajang kreatif otomotif. Mendongkrak industri kreatif sekaligus pariwisata Jogja.
“Yang kami undang tidak hanya klub-klub mobil di Jogja. Dari luar daerah juga kami undang. Bisa sekalian berwisata di Jogja,” kata Agus. (rg/iwa)

Lifestyle