JOGJA – Permasalahan sampah, semakin hari kian meresahkan. Keresahan tersebut membuat sebagian masyarakat tergugah untuk memanfaatkan sampah agar menjadi barang yang berguna dan tidak menjadi masalah.

Salah satunya yang dilakukan oleh JPSM (Jejaring Pengelola Sampah mandiri) Jogja, mereka memanfaatkan sampah untuk dijadikan barang-barang yang memiliki guna dan nilai ekonomis yang cukup tinggi.

Banyak kegiatan yang dilakukan oleh mereka untuk menunjukkan ke masyarakat luas tentang kreasi mereka dan diharapkan masyarakat luas menirunya.

Salah satu anggota dari JPSM Bakhriah Sufiatun menegaskan, pihaknya sangat prihatin dengan sampah yang tidak ramah lingkungan, seperti sampah-sampah plastik yang sulit sekali dimusnahkan.

Oleh karena itu, dia bersama teman-temannya di JPSM atas binaan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jogjakarta mengkreasikan segala macam sampah agar menjadi barang yang bermanfaat.

Salah satu karya yang dibuat oleh JPSM yakni memanfaatkan koran-koran bekas. Dari koran-koran bekas yang tidak terpakai dimanfaatkan, diubah, dan dibentuk menjadi alat-alat perabotan rumah tangga, aksesori, dan sebagainya. Koran-koran tersebut dikreasikan menjadi kreasi koran gulung.

“Koran mudah terurai, jadi kalau misalkan alat-alat yang dibuat ini rusak lalu dibuang di bak sampah, itu tidak akan menimbulkan masalah. Tidak seperti plastik,” katanya ditemui baru-baru ini (19/8).

Bukan hanya dapat dijadikan hiasan seperti piring, top, vas bungai, dan sebagainya. Tetapi koran-koran tersebut juga dapat dijadikan sebagai rak, kursi, bahkan almari.

Harapannya, setiap rumah tangga mampu mengolah sampahnya sendiri, sehingga sampah-sampah yang dibuang di TPA semakin sedikit dan dapat mengurangi banyaknya sampah yang dibuang. Dari pada sampah yang sekiranya bisa dimanfaatkan itu dibuang, lebih baik dijadikan barang yang bermanfat.

“Selain berguna, juga dapat menambah income juga,” ungkap salah satu anggota JPSM lain, Ningkar widyawati. (mg5/ila)

Lifestyle