SLEMAN – Belum banyak yang tahu Sleman memiliki jenis anggrek khas. Namanya Anggrek Vanda Tricolor. Untuk mengenalkannya kembali ke masyarakat luas diadakan Festival Anggrek Vanda Tricolor di Taman Anggrek Titi Orchid Sleman.

Pemilik Taman Anggek Titi Orchids Sri Suprih Lestari mengatakan, anggrek Vanda Tricolor sudah semakin langka populasinya. Semakin langkanya anggrek jenis ini, sangat diperlukannya budidaya agar tidak punah. Khususnya untuk spesies-spesies anggrek hutan.

“Jangan sampai di hutan habis begitu pula di petani-petani juga habis. Di Taman Titi Orchids selain diperjualkan juga melakukan budidaya dan dikembangkan. Dulu bunganya sedikit, tapi kami budidayakan hingga menjadi seperti ini,” ujarnya di sela acara yang diadakan hingga lima hari berturut-turut dari Rabu (1/8) hingga Minggu (5/8).

Acara semacam ini sudah berjalan selama 4 tahun terakhir dan diadakan di tempat yang sama. Sebanyak 200 anggrek dipamerkan yang terdapat di Taman Anggrek Titi Orchids. Anggrek Vanda Tricolor contohnya. Adalah anggrek berjenis spesies endemik yang semakin langka.

Anggrek ini adalah anggrek yang hidup di lereng Gunung Merapi dan memiliki tiga warna pada kelopak bunganya. Antara lain warna ungu, putih, dan ungu kecokelatan. Bentuknya juga indah dibanding dengan anggrek-anggrek yang lain.

Fakta lain dari anggrek ini yaitu Vanda tricolor adalah bahan dasar indukan anggrek hibrida, tetapi banyak breeder yang menggunakannya. (mg5/ila)

Lifestyle