JAKARTA – Aplikasi editing foto, Photoshop, besutan Adobe selama ini sangat berguna bagi kalangan pekerja kreatif . Namun Adobe Photoshop masih memiliki keterbatasan akses yang hanya bisa didapatkan pada perangkat komputer saja untuk fitur dan layanan profesionalnya.

Dilansir dari jawapos.com, sebentar lagi Adobe berencana menghadirkan Photoshop versi komputer tablet yang akan bisa digunakan pada perangkat iPad milik Apple. Melansir laman TechRadar, Adobe berencana membawa Photoshop ke iOS akhir tahun ini. Hal itu merupakan bagian dari proses porting lebih banyak aplikasi Creative Cloud ke platform mobile.

Adobe dikeahui saat ini pun sudah memiliki Photoshop Express yang tersedia di iPad. Namun versi yang baru akan memungkinkan penggunanya mengedit lebih leluasa seperti di komputer dengan kemampuan lintas platform yang lengkap.

Menurut orang-orang yang dekat dengan rencana tersebut mengatakan, rincian lengkap dari aplikasi ini akan diresmikan pada konferensi kreatif MAX pada Oktober mendatang.

Meski begitu masih belum diketahui seperti apa kompatibilitasnya. Namun Chief Product officer Adobe Creative Cloud, Scott Belsky mengatakan kepada Bloomberg bahwa ada versi baru untuk iPad Pro. Dia meyakini iPad Pro generasi terbaru yang akan dirumorkan akan hadir tahun ini cukup kuat untuk mendukung aplikasi Adobe.

“Jadi, mungkin itu akan membutuhkan iPad Pro untuk bekerja dan mungkin juga iPad terbaru 2018. Pergeseran dalam strategi ini disebabkan oleh penghobi dan pekerja kreatif yang menuntut kemampuan untuk mengedit proyek kreatif,” ungkapnya.

Ditambahkannya, misi Adobe di program tersebut memiliki dua tujuan. Pertama, untuk melayani para profesional di platform seluler. Kedua, untuk menjaring pengguna biasa yang mungkin belum pernah mencoba editor foto seperti Adobe Photoshop. (jpc/ila)

Lifestyle