RADAR JOGJA – Ratusan warga di kapanewon Kalibawang, Kabupaten Kulonprogo mendapat bantuan sembako gratis dari asosiasi penyelenggara program dan pengelola dana corporate social responsibility (CSR).

Kepala Kantor Pradana Cahaya Nasional (PCN) Wilayah DIJ Hardian Satria Jati mengatakan, ada ratusan paket sembako yang diberikan kepada masyarakat di dua wilayah. Yakni Kalurahan Banjarasri dan Banjarharjo. Bantuan sembako yang berisi paket beras, minyak goreng, tepung dan beberapa kebutuhan pokok lainnya tersebut diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan sebagai bentuk kepedulian di tengah merangkaknya harga bahan-bahan pokok.

“Aksi sosial ini bertujuan untuk meringankan beban masyarakat di tengah naiknya harga sembako seperti saat ini,” ujar Hardian disela pembagian sembako yang bertempat di Kantor Kalurahan Banjarsari, Senin (14/3).

Lurah Banjarasri, Mardi Susanto menyampaikan dalam kegiatan penyaluran sembako gratis tersebut sasaran penerima bansos juga telah dilakukan proses pendataan dan verifikasi. Sehingga ia memastikan para penerima merupakan warga yang benar-benar membutuhkan dan telah tepat sasaran. Khusus bantuan bedah rumah juga telah diberikan kepada warga di Pedukuhan Jurang dan Kalijeruk. Sementara pada bantuan penerangan jalan ada 25 titik di Kalurahan Banjarasri dengan alokasi masing-masing lima titik di satu padukuhan.

“Kami selaku masyarakat Banjarsari mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya dan berharap kegiatan seperti ini bisa terus berlanjut,” harap Mardi.
Salah seorang warga penerima bantuan sembako, Suyadi,59 mengaku sangat senang dengan bantuan sembako yang sudah diberikan. Menurutnya bantuan semacam itu tentu sangat dibutuhkan oleh masyarakat di tengah meroketnya harga kebutuhan pokok seperti saat ini. (inu/bah)

Kulonprogo