RADAR JOGJA – Masyarakat Kulonprogo sudah saatnya berhati-hati terhadap tindak kejahatan pembobolan rumah. Warga Kalurahan Garongan, Panjatan kehilangan uang puluhan juta akibat rumahnya disatroni pencuri. Kasus tersebut kini tengah dalam penyelidikan polisi.

Kasi Humas Polres Kulonprogo Iptu I Nengah Jeffry mengatakan, tindak pidana pencurian dengan membobol rumah tersebut menimpa Sumarno,50 warga Padukuhan II, Rt.06/ Rw.03 Kalurahan Garongan, Kapanewon Panjatan, Kabupaten Kulonprogo pada Senin (27/12) petang. Korban menderita kerugian sebesar Rp 27 juta lantaran uang tunai yang disimpan di rumahnya raib digondol pencuri.

Jeffry menerangkan, kasus tersebut bermula ketika korban pergi meninggalkan rumahnya dan ketika pulang sudah mendapati pintu lemari di kamarnya telah terbuka. Korban kemudian mengecek ke belakang rumah dan mengetahui jendela rumahnya juga dalam keadaan dibuka secara paksa.

Karena curiga rumahnya telah disusupi pencuri, lanjut Jeffry, korban kemudian mengecek ke kamar orang tuanya dan mendapati tempat tidur dalam kondisi acak-acakan. ”Diketahui, uang tunai yang disimpan di bawah tempat tidur, tas dan dompet juga sudah raib,” terang Jeffry dalam keterangannya, Selasa (28/12).

Ia menyatakan, saat ini polisi tengah melakukan penyelidikan guna mencari keberadaan pelaku pencurian tersebut. Polisi telah melakukan olah tempat kejadian perkara serta meminta keterangan dari para saksi. Petugas juga mengamankan barang bukti tas kecil yang digunakan korban untuk menyimpan uang.

Beberapa waktu lalu, kasus pencurian memang terbilang cukup marak di wilayah kapanewon Panjatan. Selama sepekan saja setidaknya polisi menerima laporan dari masyarakat terkait tindak kejahatan pencurian kendaraan bermotor (curanmor).

Untuk upaya pencegahan, Jeffry menyatakan bahwa untuk saat ini Jajaran Polres Kulonprogo memang tengah menaruh perhatian lebih terhadap kejahatan pencurian. Pihaknya, kini lebih menggiatkan gerakkan personel untuk meningkatkan program pembinaan dan penyuluhan kepada masyarakat di pemukiman agar mewaspadai tindak kejahatan pencurian. “Gerakkan patroli dialogis baik dengan roda dua maupun roda empat juga kami giatkan di wilayah pemukiman,” imbuh Jeffry. (inu/bah)

Kulonprogo