RADAR JOGJA – Sebagai upaya mendongkrak kreativitas para pengusaha kuliner, Dinas Pariwisata Kulonprogo menggelar festival makanan bertajuk Menoreh Food Festival. Kegiatan tersebut digelar dengan menghadirkan dua chef ternama untuk menilai hasil masakan para peserta.

Kepala Dinas Pariwisata Kulonprogo Joko Mursito mengatakan, festival itu untuk mendongkrak kreativitas para pengusaha kuliner lokal dalam menyajikan menu masukannya. Sehingga harapannya, kuliner di Kulonprogo semakin variatif dan menambah daya tarik wisatawan untuk datang ke wilayah dengan sebutan Bumi Menoreh tersebut.

Lebih lanjut, Joko mengungkapkan total ada 30 peserta yang ikut dalam festival tersebut yang telah digelar pada 20-21 November tersebut. Pihaknya pun menghadirkan Chef Muto dan Chef Aiko untuk menilai hasil masakan yang dibuat oleh para pengusaha kuliner di Kulonprogo.

“Dengan adanya Menoreh Food Festival ini kami ingin branded baru di Kulonprogo terkait menu makananya dan melihat kreatifitas para pengusaha kuliner. Sehingga harapannya, wisatawan yang datang kesini juga tidak hanya tertarik untuk menikmati destinasi wisatanya saja namun juga masakan lokalnya,” ujar Joko disela kegiatan, Minggu (21/11).

Sementara salah satu dewan juri, Chef Aiko menyampaikan bahwa Menoreh Food Festival merupakan salah satu kegiatan yang menarik. Menu-menu yang disajikan oleh para pengusaha kuliner di Kulonprogo pun tergolong unik serta menggugah selera.

Ia pun berharap agar festival semacam itu bisa digelar secara rutin oleh pemerintah setempat. Sebab selain mendongkrak semangat para pengusaha kuliner untuk berkreatifitas, Menoreh Food Festival juga cukup menjadi potensi di bidang wisata kuliner.

“Saya berharap acara seperti ini bisa rutin, karena cukup menambah semangat para peserta juga dapat menaikan potensi di bidang kuliner,” katanya.
Salah satu peserta, Galih Haryo Prabowo,26 mengaku senang bisa turut serta dalam festival tersebut . Ia juga sangat bersemangat karena dewan juri yang hadir merupakan chef terkenal dan bersedia untuk mencicipi masakannya.
“Alhamdulillah dari penilaian dewan juri tadi masakan buatan saya dinilai baik dan enak,” ujar pemuda pemilik Warung Makan Seafood Prima Rasa Glagah ini. (inu/bah)

Kulonprogo